Strategi Rebranding dan Pemasaran Digital Melalui Shopee Untuk Peningkatan Daya Saing UMKM Keripik Putri Sari Di Desa Wonokerto

Authors

  • Moch Rizky Khairul Rachman Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

UMKM, Pemasaran Digital, E-Commerce

Abstract

Perkembangan teknologi digital saat ini telah mengubah cara masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari, termasuk dalam melakukan transaksi jual beli. Teknologi internet memungkinkan individu dari segala usia terhubung dengan platform digital, baik melalui media sosial maupun e- commerce. E-commerce yang memanfaatkan teknologi internet untuk memudahkan transaksi jual beli online kini menjadi salah satu metode pemasaran yang sangat populer. Platform e-commerce seperti Shopee menawarkan kemudahan bagi penjual dan pembeli dengan antarmuka yang ramah pengguna dan fitur yang mudah digunakan. Usaha kecil dan menengah (UMKM) mulai memanfaatkan peluang ini dengan beralih dari metode pemasaran tradisional ke pemasaran digital melalui platform e-commerce. Shopee sebagai salah satu platform e- commerce terpopuler memberikan akses luas bagi UMKM untuk menjangkau lebih banyak konsumen tanpa batasan geografis. Di era digital ini, konsumen semakin memilih belanja online karena kemudahannya, dimana mereka tidak perlu lagi mengunjungi toko fisik untuk membeli barang yang diinginkan. Produk yang ditawarkan melalui e-commerce juga mampu bersaing dari segi kualitas dan harga. Dengan perubahan perilaku konsumen yang mengutamakan belanja online, UMKM perlu memahami dan mengoptimalkan strategi pemasaran digital agar mampu bersaing di pasar yang semakin kompetitif

References

Asiyah, S. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan. Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/res wara/article/view/1866

Pelengkahu, R. M. (2023). Pengaruh Promosi, Phisical Evidence, Harga Pemasaran Digital Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee Di Kota Manado. EMBA. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/ article/view/46181

Putri, I. M. (2023). Pendampingan Umkm Parfum Melalui Pengelolaan E-Commerce Shopee (Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Secara Online Umkm Parfum Di Sidoarjo). https://jurnal.umb.ac.id/index.php/pengabdianb umir/article/view/5590

Qurata Ayuni, H. C. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Digital Terhadap Tingkat Penjualan Produk Kuliner Kemasan. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik 23 (2).

Saputri, S. A (2023). Peran Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Indonesia. Knowledge : Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan.

Evi Imtihani, M. F. (2023). Penerapan Akun E-Commerce Shopee dalam Strategi Digital Marketing pada UMKM Rempeyek Bunda Rahayu. Jurnal Ilmiah Pendidikan.https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/ view/5450

Hikmah, L. S. (2023). Digitalisasi Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Di Kota Sidoarjo. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/komunitas/a rticle/view/21016

Imania Melati Putri, P. F. (2023). Pendampingan UMKM Parfum Melalui Pengelolaan E-Commerce Shopee (Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan Secara Online UMKM Parfum Di Sidoarjo). https://jurnal.umb.ac.id/index.php/pengabdianb umir/article/view/5590

Muddin, L. A. (2021). Pendampingan Digital Marketing, Inovasi Produk UMKM Sepatu Kulit di Sidoarjo. Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdima s_if/article/view/3247

Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, P., & Slamet, A. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 23(2),117-120. https://journal.unnes.ac.id/nju/abdimas/article/vi ew/17880

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, I., & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti-Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 22(1), 1-9.

Nurcahyani, D. I. (2023). Implementasi Pendampingan Penggunaan E-Commerce Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Pada UMKM Frozenfood Lancar Jaya di Kelurahan Turi, Kota Blitzar. JIPM: Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat.

Oktavia, Zetiara. 2021. Analisis Nilai Tambah Ubi Kayu Menjadikeripik Singkong Dkz Dalam Meningkatkan perekonomian Industri Rumah Tangga. In Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Pramukty, R., & Eviyannanda, S. A. (2020). Analisis Ekstensifikasi Pajak UMKM Dalam Upaya Meningkatkan Penerimaan Pajak (Studi KPP Pratama Pondok Gede). 4(1), 11–20 https://e-journal.cmedindonesia.com/index.php/aktiva/articl e/view/6

Asiyah, S. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan. Reswara : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/res wara/article/view/1866

Riawati, Nian, and Nurcahyaning D.K. 2019. “Peningkatan Produktivitas Usaha Keripik Singkong Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Teknologi Tepat Guna Di Desa Sumber Anyar Kabupaten Bondowoso.” Jurnal Ilmiah Pangabdhi 5(1): 6–12.

Septiriyani, Veronika Indah. 2017. “Potensi Penanfaatan Singkong (Manihot Utilissima) Sebagai Bahan Bakar Tambahan Dalam Pembuatan Es Puter Secara Tradisional. In Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu. https://repository.usd.ac.id/12384/

Singh, P., Gandhi, M., & Gramodaya, C. (2017). Impact of Digitalization on Small and MediumEnterprises in India. Indian Journal of Research, 6(4), 468–469. https://www.worldwidejournals.com/paripex/recent_issues_pdf/2017/April/impact-of-digitalization- on-small-and-medium-enterprises-in- india_April_2017_1267862862_2608642.pdf

Ulas, D. (2019). Digital Transformation Process and SMEs. Procedia Computer Science, 158, 662– 671, penelitian Komunikasi dan Opini Publik 23(2). https://www.researchgate.net/publication/336819267_Digital_Transformation_Process_and_SMEs

Sihombing, J. (2019). "Pengaruh Pemasaran Digital terhadap Kepuasan Pelanggan." Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(1), 25-34.

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Rachman , M. R. K. . (2025). Strategi Rebranding dan Pemasaran Digital Melalui Shopee Untuk Peningkatan Daya Saing UMKM Keripik Putri Sari Di Desa Wonokerto . Jurnal Sinabis, 1(5), 1325–1330. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/349

Issue

Section

Articles