Memanfaatkan Instagram Sebagai Upaya Meningkatkan Popularitas Pasar Nambangan

Authors

  • Nur Anisah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Sonja Andarini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Pengabdian Masyarakat, Digital Marketing,, Instagram, Pasar Nambangan, Promosi Pasar Tradisional

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan popularitas Pasar Nambangan melalui strategi digital marketing dengan memanfaatkan platform Instagram. Kegiatan diawali dengan observasi dan wawancara untuk mengidentifikasi permasalahan, yaitu perbedaan intensitas pengunjung pada tiap-tiap zona pasar. Solusi yang diusulkan adalah pembuatan video marketing yang mempromosikan produk unggulan dari masing-masing zona, seperti makanan siap saji dan fashion. Meskipun belum terdapat data pasti mengenai peningkatan jumlah pengunjung, promosi digital ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik pasar di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda. Hasil dari kegiatan ini berpotensi memberikan dampak positif terhadap jumlah pengunjung dan keberlanjutan Pasar Nambangan sebagai pasar revitalisasi yang mengutamakan keamanan pangan dan kenyamanan pengunjung. Keterbatasan dalam pengukuran dampak promosi menjadi catatan penting untuk kegiatan pengabdian berikutnya

References

Ana, I. B. P. J., Mandira, I. M. C., Kusuma, P. S. A. J., Wijaya, G. C., & Adriati, I. G. A. W. (2023). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Potensi dan Eksistensi Desa Penatahan. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 84–92. https://doi.org/10.30997/almujtamae.v3i1.8002

Idrus, M. I., & Nur, M. J. (2016). Peranan Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus Pada Pasar Pa’baeng-baeng Di Kecamatan Tamalate Kota Makasar). Jurnal Ekonomi Balance Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 2.

Julius, N. (2024). Data Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia 2024. upgraded.id. https://upgraded.id/data-jumlah- pengguna-instagram-di-indonesia

Kemenkes. (2024). E-Monev Tempat dan Fasilitas Umum. Kemenkes. https://e- satu.kemkes.go.id/

Ketjil, M. I. A., Masinambow, V. A. ., & Sumual, J. I. (2022). Peran Pasar Tradisional Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Kecamatan Bolang Itang Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efesiensi,22(9), 37–48.

Melani, A. (2020, Agustus 25). Pemkot Surabaya Bakal Dampingi Pedagang di Pasar Nambangan Bentuk Koperasi. liputan6.com.https://www.liputan6.com/surabay a/read/4339201/pemkot-surabaya- bakal-dampingi-pedagang-di- pasar-nambangan-bentuk- koperasi?page=3

Newsroom, R. J. (2024, Mei 4). Sinergi Pemkot dan BPOM Surabaya Ciptakan Pasar Nambangan Aman dan Berkualitas! kominfo.jatimprov. https://kominfo.jatimprov.go.id/beri ta/sinergi-pemkot-dan-bpom- surabaya-ciptakan-pasar- nambangan-aman-dan-berkualitas

Romadhona, N., & Akas Yekti Pulihasih. (2024). Gambaran Kesehatan Lingkungan Pasar Di Wilayah Kabupaten Sidoarjo Tahun 2023. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia (JKMI), 1(4), 88–92. https://doi.org/10.62017/jkmi.v1i4.1665

Septiari, E. D., & Sari, N. N. (2018). Persepsi Konsumen Milenial Terhadap Kualitas Layanan Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar Tradisional Di Wilayah D.I. Yogyakarta). Modus, 30(1), 1-16. www.properti.kompas.com,

Widyaputri, N., Suwu, E. A. A., & Tumiwa, J. (2022). Analisis pemanfaatan Aplikasi Instagram dalam pemasaran bisnis online shop di Kota Manado. Journal ilmiah society,2(2), 1–9

Downloads

Published

2025-11-21

How to Cite

Anisah , N. ., & Andarini , S. . (2025). Memanfaatkan Instagram Sebagai Upaya Meningkatkan Popularitas Pasar Nambangan . Jurnal Sinabis, 1(5), 1374–1380. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/350

Issue

Section

Articles