Digitalisasi UMKM Ayam Geprek Dengan Peningkatan Branding Usaha UMKM di Kelurahan Menur Pumpungan
Keywords:
Digitalisasi, Branding Usaha, Pengabdian Masyarakat, Bisnis DigitalAbstract
Digitalisasi UMKM Ayam Geprek dengan Peningkatan Branding Usaha UMKM di Kelurahan Menur Pumpungan" menggarisbawahi pentingnya adopsi teknologi digital dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak digitalisasi dalam meningkatkan branding dan daya saing UMKM Ayam Geprek di Kelurahan Menur Pumpungan. Melalui penerapan strategi pemasaran digital, seperti media sosial dan platform e-commerce, diharapkan usaha UMKM dapat memperluas jangkauan pasar, meningkatkan kesadaran merek, serta memperkuat hubungan dengan konsumen. Studi ini juga menganalisis tantangan dan peluang yang dihadapi dalam proses transformasi digital, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas branding usaha lokal
References
Althafa Aurelya Mu’min, R. H. (2023). Pengembangan Dan Pendampingan UMKM Melalui Digitalisasi Usaha Untuk UMKM Pawon Enak di Kelurahan Medokan Ayu. Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat, 79-82.
Anwar, K. Y. (2022). Re-branding dan digitalisasi marketing umkm “dua nada” menjadi raja minuman botanikal di negeri sendiri. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 316-323.
Emha Diambang Ramadhany, M. H. (2023). Digitalisasi UMKM Melalui Penggunaan Media Sosial Dan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 969-974.
Erie Aulia, Z. G. (2024). Pemanfaatan Branding Digital Marketing Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas dan Daya Saing Produk UMKM Penjaringansari . Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 994-999.
Gayatri, I. G. (2022). Pelatihan Branding Produk Dan Digitalisasi Marketing Pada Umkm Desa Perancak, Jembrana-Bali. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2096-2100.
Heru Irianto 1, A. D. (2022). Digitalisasi UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online di Desa tengklik. Journal of Cooperative, Small and Medium Enterprise Development, 60-64.
Ilmi, M. D. (2023). Penguatan Branding dan Digitalisasi Marketing UMKM Marning Desa Pontang, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Jurnal Pengabdian Literasi Digital Indonesia, 160-166.
Majid, M. N. (2024). Digitalisasi UMKM: penguatan fotografi produk sebagai upaya branding UMKM di Kabupaten Mojokerto. Abdimas Dewantara,, 59-69.
Mulyantomo, E. S. (2021). Pelatihan pemasaran online dan digital branding dimasa pandemi covid-19 bagi pelaku UMKM di Desa Tegalarum Kecamamatan Mranggen Kabupaten Demak. tematik.
Nanda Rahmi, N. M. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM. Jurnal Pengabdian Aceh, 64-70.
Ompusunggu2, L. Z. (2023). Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Era Digital Abad 21 Micro, Small And Medium Enterprises (MSME) The Digital Age Of The 21st. journal ununsida, 14- 18.
Pamungkas, F. M. (2022). Pengembangan Digitalisasi UMKM Minangrua Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 46-53.
Prabowo, B. M. (2024). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Personal Branding UMKM di Desa Sumput. ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 154-160.
Rizka, S. S. (2023). Optimalisasi Branding Dan Re-Branding Produk UMKM Di Kelurahan Rungkut Tengah, Kecamatan Gunung Anyar, Kota Surabaya. Jurnal Insan Pengabdian Indonesia, 68-78.
Suminto, A. P. (2023). Pendampingan Branding Improvement dan Digitalisasi Marketing Produk UMKM Berkah Alami “Brangkal Ketela” Desa Prayungan, Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau, 104-120.
Swissia, P. &. (2023). Optimalisasi digital marketing dalam meningkatkan branding pada UMKM tempe mbah mul di Desa Purwotani. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5949-5956.
Syafitri, A. D. (2024). Digitalisasi UMKM Sebagai Upaya Memperluas Pasar Melalui Branding Produk di Desa Jatisari. ARSY: Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat, 110-118.
Syahputra, R. A. (2023). "Peningkatan kemampuan branding UMKM melalui proses digitalisasi bisnis. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 521-527.
Syifana, A. A. (2023). Implementasi Branding Dan Digitalisasi Bisnis Pada UMKM Di Wilayah Klampok Kota Blitar. BERBAKTI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,, 97-103.
Titah Rahmawati, S. M. (2022). Digitalisasi UMKM pada era 4.0. jurnal pengabdian masyarakat, 1-8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jessie Aprillia Setiawan , R. Yuniardi Rusdianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


