Implementasi Teknologi Informasi dalam Bauran Pemasaran UNIQLO

Authors

  • Syahrani Nur Aullia Octivanti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nurul Azizah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Transformasi Digital, Pemasaran Digital, Bauran Pemasaran

Abstract

PT Fast Retailing memiliki misi untuk berfokus pada inovasi berkelanjutan untuk memenuhi
kebutuhan konsumen global. Bentuk pelaksanaan dari misi ini yaitu dengan menggunakan
informasi di setiap proses bisnis untuk menghadirkan tingkat kualitas dan efisiensi baru.
Dengan memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) dan robotika. Perusahaan menciptakan
lingkungan ritel ideal tempat produk dan layanan tersedia tepat saat dan di tempat yang
diinginkan pelanggan. Fast Retailing telah mengintegrasikan teknologi canggih di seluruh
proses bisnis, dengan fokus pada teknologi yang memberikan nilai paling besar bagi
pelanggan dan staf lini depan. Integrasi teknologi ini mempengaruh model bisnis anak induk
perusahaannya, termasuk Uniqlo. Hal ini dapat terlihat pada bauran pemasaran Uniqlo yang
mulai menggunakan implementasi teknologi digital seperti Artificial Intelligence (AI) dan
robotika.

References

Fast Retailing Official Website. 2023. Uniqlo Business Model.

https://www.fastretailing.com/eng/gro up/strategy/uniqlobusiness.html. Diakses 1

Oktober 2023.

Muhammad Perkasa Al Hafiz. Bocoran Transformasi UNIQLO menjadi Digital

Consumer Retail Company. https://www.marketeers.com/bocoran- transformasiuniqlo-menjadi-digital- consumer-retail-company/. Diakses 1 Oktober 2023.

Pangestu, M. F., Nailufar, E. Z., & Mariam, I. (2023). Analisis Pengaruh Green Product dan

Digital Marketing terhadap Citra Merek Uniqlo. In Proceeding Seminar Nasional Riset

Terapan Administrasi Bisnis dan MICE (Vol. 12, No. 1).

Pascalina, D. (2022). Mengukur pengaruh penting dari bauran pemasaran terhadap

kepuasan konsumen. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(Spesial

Issue 5), 2234-2244.

Retail News. UNIQLO’s Digital Transformation Insights.

https://retailnews.ai/uniqlo-digital- transformation-fast-retailing-cio/. Diakses 1

Oktober 2023.

Savira, S. A., Julianto, D. E., & Sisbintari, I. (2022). Strategi Bauran Pemasaran pada Toko Roti

Maulana Genteng Banyuwangi. Jurnal Strategi dan Bisnis Vol, 10(1), 37.

Sitinjak, T. J. R., & Arief, A. R. A. (2022). Pengaruh citra merek dan promosi terhadap

keputusan pembelian produk Uniqlo. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan

Keuangan, 4(Spesial Issue 4), 1132-1143.

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Octivanti, S. N. A., & Azizah, N. (2025). Implementasi Teknologi Informasi dalam Bauran Pemasaran UNIQLO. Jurnal Sinabis, 1(1), 76–86. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/352

Issue

Section

Articles