Implementasi Teknologi Informasi dalam Bauran Pemasaran UNIQLO
Keywords:
Transformasi Digital, Pemasaran Digital, Bauran PemasaranAbstract
PT Fast Retailing memiliki misi untuk berfokus pada inovasi berkelanjutan untuk memenuhi
kebutuhan konsumen global. Bentuk pelaksanaan dari misi ini yaitu dengan menggunakan
informasi di setiap proses bisnis untuk menghadirkan tingkat kualitas dan efisiensi baru.
Dengan memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) dan robotika. Perusahaan menciptakan
lingkungan ritel ideal tempat produk dan layanan tersedia tepat saat dan di tempat yang
diinginkan pelanggan. Fast Retailing telah mengintegrasikan teknologi canggih di seluruh
proses bisnis, dengan fokus pada teknologi yang memberikan nilai paling besar bagi
pelanggan dan staf lini depan. Integrasi teknologi ini mempengaruh model bisnis anak induk
perusahaannya, termasuk Uniqlo. Hal ini dapat terlihat pada bauran pemasaran Uniqlo yang
mulai menggunakan implementasi teknologi digital seperti Artificial Intelligence (AI) dan
robotika.
References
Fast Retailing Official Website. 2023. Uniqlo Business Model.
https://www.fastretailing.com/eng/gro up/strategy/uniqlobusiness.html. Diakses 1
Oktober 2023.
Muhammad Perkasa Al Hafiz. Bocoran Transformasi UNIQLO menjadi Digital
Consumer Retail Company. https://www.marketeers.com/bocoran- transformasiuniqlo-menjadi-digital- consumer-retail-company/. Diakses 1 Oktober 2023.
Pangestu, M. F., Nailufar, E. Z., & Mariam, I. (2023). Analisis Pengaruh Green Product dan
Digital Marketing terhadap Citra Merek Uniqlo. In Proceeding Seminar Nasional Riset
Terapan Administrasi Bisnis dan MICE (Vol. 12, No. 1).
Pascalina, D. (2022). Mengukur pengaruh penting dari bauran pemasaran terhadap
kepuasan konsumen. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(Spesial
Issue 5), 2234-2244.
Retail News. UNIQLO’s Digital Transformation Insights.
https://retailnews.ai/uniqlo-digital- transformation-fast-retailing-cio/. Diakses 1
Oktober 2023.
Savira, S. A., Julianto, D. E., & Sisbintari, I. (2022). Strategi Bauran Pemasaran pada Toko Roti
Maulana Genteng Banyuwangi. Jurnal Strategi dan Bisnis Vol, 10(1), 37.
Sitinjak, T. J. R., & Arief, A. R. A. (2022). Pengaruh citra merek dan promosi terhadap
keputusan pembelian produk Uniqlo. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan
Keuangan, 4(Spesial Issue 4), 1132-1143.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syahrani Nur Aullia Octivanti, Nurul Azizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


