Peran Digital Marketing dan Branding dalam Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Kelurahan Nginden Jangkungan

Authors

  • Muhammad Luthfi Fakhri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Ety Dwi Susanti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

UMKM, Branding, Digital Marketing

Abstract

Pada Dasarnya Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) selama ini sudah memakai sistem promosi melalui internet atau media sosial, sistem promosi ini dinilai sangat efektif, dan telah memanfaatkan Marketplace yang tersedia, seperti marketplace yang ada di Facebook, Shoope, Lazada, dan Tokopedia, selain itu UKM juga gencar melakukan promosi melalui layanan iklan seperti Instagram ads dan Facebook ads. Dengan adanya perkembangan teknologi ini mendukung masyarakat untuk menggunakan media sosial. Media sosial dijadikan sebagai sarana dalam pemasaran dan pengiklanan. banyaknya UMKM di Kelurahan Nginden Jangkungan yang belum mengetahui serta memahami tentang pentingnya branding dan digital marketing. Melihat adanya hal tersebut kami memutuskan untuk mengadakan penyuluhan yang bertemakan mengenai “Branding dan Digital Marketing”.

References

Amalia Aisyah Putri, Nurhadi Nurhadi. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM.

Ajeng Nisa Khairunisa, Dwi Novaria Misidawati. (2024). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Di Indonesia. E-ISSN : 2963-8100.

Anis Syamsu Rizal, Sevty Wahiddirani Saputri, Nurjaya. (2024). Digital Marketing Untuk UMKM.

Ayu Oktavianingrum, Dwi Nur Hidayati, Ertien Rining Nawangsari. (2022). E-ISSN: 2745-4053. Strategi branding membangun Brand Identity pada UMKM.

Bahrul Ulum Ilham, dkk. (2023). PENDAMPINGAN BRANDING UMKM MELALUI PENGEMASAN DAN STRATEGI PROMOSI PRODUK DI KABUPATEN JENEPONTO.

Dimas Sasongko, Intan Rahma, dkk. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung.

Ifah Bunga Aristawidia. (2018). KAJIAN LITERATUR PENERAPAN STRATEGI BRANDING BAGI KEMAJUAN UMKM DI ERA DIGITAL. Volume I Nomor 2.

Ismadiyanti Purwaning Astuti, Bayu Wijaya Kusuma. (2024). Branding Produk UMKM Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing dan Nilai Jual. Vol. 7, No. 1.

Jatiro Feshago Panjalu, RR. Siti Muslikhah, Tri Lestari Wahyuning Utami. (2024). Pemasaran Digital untuk Brandingdalam Pengembangan UMKM di Indonesia. Vol.22, No.1.

Jasri, Nadia Arfan, Hasanuddin, Hurriah Ali Hasan. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah.

Lusiana Rahmawati, Maharani Ikaningtyas. (2023). Penerapan Digital Marketing Untuk Mendukung UMKM Segigit Snack Di Kebumen.

Mohamad Trio Febriyantoro, Debby Arisandi. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara Vol 1 No 2.

Muhammad Naufal Nazhif, Isna Nugraha. (2022). BRANDING UMKM UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK ECOPRINT ANDIN COLLECTION.

Muhammad Saifulloh. (2021). Branding Product Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Kuningan Barat Jakarta Selatan. Vol 1, No. 1.

Nurul Ainun, Altri Wahida, Rian Maming. (2023). Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada Umkm.

Nurul Rizka Arumsari, Nurzahroh Lailyah dan Tina Rahayu. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan

Radja Erland Hamzah, dan Citra Eka Putri. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing oleh Pelaku UMKM di Kuningan Barat, Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, Vol 1, No. 1.

Rena Natalia, dkk. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Kerja Branding UMKM Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Pelaku UMKM Desa Kweden.

Robby Aditya , R Yuniardi Rusdianto. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM.

Sri Dewi Setiawati, dkk. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Vol. 2 No. 1.

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Fakhri, M. L., & Susanti, . E. D. (2025). Peran Digital Marketing dan Branding dalam Meningkatkan Pemasaran Produk UMKM Kelurahan Nginden Jangkungan. Jurnal Sinabis, 1(1), 131–139. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/353

Issue

Section

Articles