Peningkatan Daya Saing UMKM di Desa Karanglo Dengan Optimalisasi Website Desa
Keywords:
UMKM, daya saing, website desa, pemasaran digitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya peningkatan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Karanglo, Kabupaten Jombang, melalui optimalisasi platform website desa. Di era digital saat ini, pemasaran produk secara online menjadi salah satu strategi penting untuk memperluas akses pasar, terutama bagi UMKM di daerah pedesaan yang memiliki keterbatasan akses ke pasar yang lebih luas. Dengan memanfaatkan website desa sebagai media promosi dan pemasaran, UMKM di Desa Karanglo diharapkan mampu meningkatkan eksposur produk, memperluas jangkauan konsumen, serta memperkuat posisi bersaing mereka dalam ekonomi lokal dan regional. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi, dan studi literatur. Analisis dilakukan untuk menilai efektivitas penggunaan website desa dalam memasarkan produk UMKM serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi selama proses implementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi website desa berkontribusi signifikan terhadap peningkatan visibilitas produk UMKM, kemudahan akses informasi bagi konsumen, dan efisiensi pemasaran. Namun, tantangan seperti keterbatasan pengetahuan digital dan infrastruktur teknologi masih menjadi kendala yang perlu diatasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan website desa dapat menjadi salah satu solusi strategis dalam meningkatkan daya saing UMKM, dengan syarat adanya dukungan pelatihan dan infrastruktur yang memadai. Rekomendasi dari penelitian ini mencakup peningkatan kapasitas digital bagi pelaku UMKM dan penguatan infrastruktur teknologi di tingkat desa.
References
Amanah, S. (2007). Makna Penyuluhan dan Transformasi Perilaku Manusia. Jurnal Penyuluhan, 3(1), 63–67. https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v3i1.2152
Aniuranti, A., Tsani, M. H. N., & Wulandari, Y. (2021). Pelatihan penyusunan Ice Breaking untuk penguatan kompetensi calon guru. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 85–93. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3578
Anwar, M. R. (2019). Guru PAUD dan Kemampuan Public Speaking di Era MEA. Jurnal Lonto Leok, 2(1), 56–61. http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jilpaud/arti cle/view/338/227
Budaraga, I. K., & Devi, W. S. (2021). Pengabdian kepada Masyarakat Peningkatan Kualitas Usaha Keripik Talas Asyifa Oleh-oleh. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 172–180. https://jurnal.fp.uns.ac.id/index.php/pengmas/article/v iew/1963
Harefa, A. (2007). Agar Menulis-Mengarang Bisa Gampang (4th ed.). Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=-DliaG- 3C64C&dq
Ibiz Coach. (2018). Inilah Perbedaan Antara Mentoring, Consulting, Training, dan Coaching. https://ibizcoach.com/perbedaan-mentoring- consulting-training-dan-coaching/
Kemendikbud. (2019). Neraca Pendidikan Daerah: Data Uji Kompetensi Guru. Kemendikbud. https://npd.kemdikbud.go.id/?appid=ukg,
Mallapiang, F., Kurniati, Y., Syahrir, S., Lagu, A. M. H., & Sadarang, R. A. I. (2020). Pengelolaan sampah dengan pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD) di wilayah pesisir Bulukumba Sulawesi Selatan. Riau Journal of Empowerment, 3(2), 79–86. https://doi.org/10.31258/raje.3.2.79-86
Nalhadi, A., Syarifudin, S., Habibi, F., Fatah, A., & Supriyadi, S. (2020). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga menjadi Pupuk Organik Cair. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 43–46. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v4i1.2134
Nurgesang, F. A., & Ridlwan, P. P. M. (2019). The Manufacturing of Banana Cutting Machine for Making Chips with Capacity of 35 kg/h to Improve Productivity of a Home Industry in Putat Village, Gunungkidul, Yogyakarta. Prosiding SNTTM XVIII, 1–7. http://prosiding.bkstm.org/prosiding/2019/TM11.pdf
Oktaviana, F., Hanidian, O., Aji, B. S., & Baihaqi, I. (2020). Pelayanan Administrasi Desa Berbasis Online di Desa Paremono. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 49–56. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3205
Palenti, C. D. (2021). Peningkatan Keterampilan Komunikasi melalui Participatory Learning Pada kegiatan Pemberdayaan Masyarakat. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i1.37074
Permana, E. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Wayang Kertas Terhadap Nilai Karakter Siswa Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 190–196. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1028
Prastyan, R. D. N. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Anak SD Melalui Konsep Pembelajaran Berbasis Kesenian Budaya Daerah dan Permainan Tradisional di Kampoeng Dolanan Nusantara Borobudur Magelang. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 1(1), 93–101. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/1446
Yuwanita, E. (2016). Keefektifan Penggunaan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Teknologi Menjahit di SMK Negeri 3 Pacitan. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/28353/1/5401411100.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vania Adella Margaretta, Siti Ning Farida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


