Pengaruh Karakteristik Social Media dalam Meningkatkan Efisiensi Digital Marketing pada Perusahaan E-Commerce di Indonesia (Studi Kasus ECommerce Shopee)
Keywords:
Media Sosial, Kesadaran Merk, Pemasaran DigitalAbstract
Di era globalisasi 4.0 yang terjadi di seluruh dunia, tanpa terkecuali Indonesia. Perkembangan teknologi digital merupakan salah satu aspek yang mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Pemanfaatan teknologi digital menjadikan adanya tranformasi yang mendalam pada nilai ekonomi pada suatu negara, memaksimalkan adanya perekonomian Sosial media merupakan salah satu strategi pemasaran yang dimiliki oleh Shopee selaku penguasa pasar marketplace yang ada di Indonesia. Sosial media merupakan pilar utama bagi Shopee untuk membangun adanya Kesadaran Merk. Penelitian ini juga memiliki tujuan untuk memberikan informasi wawasan terkait adanya peran Sosial Media terhadap efisiensi digital marketing.
References
Afriyadi, e. a. (2024). Peran Teknologi dan Inovasi dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Era Digital. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntasi, 179-185.
Asih, E. M. (2020). Analisis pada Shopee sebagai E-Commerce Terpopuler di Indonesia. Jurnal Ekonomika Bisnis Antartika, 73-79.
Ayu, N. M. (2023). Pengaruh E-Commerce terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Jurnal Ekonomi Trisakti , 2891-2900.
Fiandari, Y. T. (2022). Analisis bibliometrik publikasi perkembangan penelitian pemasaran digital kosmetik halal. Jurnal Dokumentais dan Informasi, 95-111.
Fiki, S. C. (2023, September 18). Kompas, Id. Retrieved from https://www.kompas.id/baca/opini/2023/09
/17/social-commerce-siapa-diuntungkan
Frida Eka Setianingsih, F. A. (2022). Pengaruh Media Sosial Marketing Tiktok Terhadap Minat Beli Online di Shopee. Jurnal Administrasi Bisnis , 107-116.
Gede Rai Sutama, P. A. (2023). Efektivitas SosialMedia Sebagai Media Pemasaran Digital. Jurnal Komputer dan Teknologi Sains, 8-11.
Hendra Kurnia, I. R. (2020). Pengaruh Aktivitas Pemasaran Media Sosial Instagram terhadap Loyalitas Pelanggan Konsumen. Jurnal : e-proceeding of management, 2220-2237.
Ismaya Indri Astuti, A. N. (2023). Ekspolorasi E-Governance : Menjawab Tantangan Implementasi E- Commerce Era Vuca di Indonesia. Journal of Public Administration Studies, 431-439.
Sri Nawangsari, N. A. (2023). Pengaruh Social Media Marketing, Brand Image, dan Fitur Layanan terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pengguna Shopee di Kab. Tangerang). Jurnal Riset Ilmiah, 563-574.
Tasya Amalia, S. P. (2024). Strategi Digital Marketing Shopee di Era E-Commerce Kontemporer. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 319-329.
Zumhur Alamin, R. M. (2023). Perkembangan E-Commerce : Analisis Dominasi Shopee sebagai Primadona Marketplace di Indonesia. Jurnal Ekonomi
Syariah , 10-131.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dhimas Febryant Nursetyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


