Optimalisasi Digital Marketing Dalam Meningkatkan Potensi Ekonomi Lokal Melalui Pengembangan Keterampilan Digital di Desa Bejijong
Keywords:
Kesadaran Merek, Keterampilan Digital, Optimalisasi Pemasaran Digital, Pencipta Konten, Strategi Pemasaran DigitalAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan digital masyarakat Desa Bejijong, Trowulan, Mojokerto, dalam rangka meningkatkan potensi ekonomi lokal melalui pemanfaatan teknologi digital. Desa Bejijong memiliki kekayaan budaya dan produk kerajinan yang berpotensi tinggi, namun belum dimaksimalkan dalam pemasaran digital. Program pengabdian ini mengimplementasikan pengalaman penulis sebagai content creator di PT Otak Kanan, Surabaya, dengan memberikan pelatihan digital marketing, pembuatan konten digital, dan pengelolaan media sosial sebagai alat promosi bisnis lokal. Metode yang digunakan adalah pendekatan berbasis proyek (Project-Based Learning), dengan tahapan meliputi survei awal, penyusunan program berdasarkan hasil kesepakatan dengan masyarakat, implementasi pelatihan, serta evaluasi hasil. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan digital masyarakat, terutama dalam pembuatan konten berkualitas dan pengelolaan media sosial untuk mempromosikan produk kerajinan lokal. Luaran dari program ini meliputi konten digital untuk promosi, pengelolaan akun media sosial yang lebih profesional, serta peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya teknologi dalam pengembangan ekonomi lokal. Dengan demikian, program ini diharapkan dapat berkontribusi terhadap pengembangan ekonomi desa melalui optimalisasi keterampilan digital masyarakat.
References
Aly, M. N., Suharto, B., Nurhidayati, S. E., Nuruddin, dan Triwastuti, R. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pendampingan Desa Wisata di Desa Bejijong Kabupaten Mojokerto. Jurnal Layanan Masyarakat. 4(2): 390-399. https://doi.org/10.20473/jlm.v4i2.2020.390-399
Az-Zahra, P., & Sukmalengkawati, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 2008-2018. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2573
Fasa, A. W. . (2022). Strategi Pengembangan Desa Wisata Berkelanjutan Di Indonesia: Pendekatan Analisis Pestel. Jurnal Bali Membangun Bali, 1(1), 22–26. https://doi.org/10.22212/kajian.v27i1.3612
Fikri, M. A., Sinduwiatmo, K., dan Nirwana, N. Q. S. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Digital Desa Bejijong. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 6(6): 2017-2020. http://jurnal.umtapsel.ac.id/index.php/martabe/article/download/10939/pdf
Jahzy, C. A., & Nugroho, R. H. (2024). Optimasi Media Sosial dalam Digital Marketing untuk Meningkatkan Brand Awareness dan Interaksi Konsumen. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(6), 2455 – 2463. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i6.1480
Ningrum, A. C., Sari, N. A., Maulana, I. F., dan Puspaningtyas, A. (2023). Pembuatan Taman Baca Ramah Anak Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Pada Anak-Anak Desa Bejijong Kabupaten Mojokerto. Jurnal Pengabdian Nasional. 3(2): 23-33. https://aksiologi.org/index.php/abdimassa/article/view/563
Ramadhan dkk. (2021). Analisis Teknik Digital Marketing pada Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 49-60. https://doi.org/10.21831/socia.v18i1.40467
Sanin, S. B. F., & Winarti, O. (2023). Penerapan Digital Marketing Dalam Media Sosial Tiktok PT Otak Kanan Untuk Membangun Brand Awarness. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(3), 74-83. https://doi.org/10.59024/faedah.v1i3.253
Sahila, W. F., & Nurhadi, N. (2024). Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Brand Awareness Melalui Peran Content Creator di PT Otak Kanan. Karya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 45–48. https://jurnalfkip.samawauniversity.ac.id/KARYA_JPM/article/view/654
Saputra, H. T., Rif’ah , F. M., & Andrianto, B. A. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM. Journal of Economics, Management, Business, and Entrepreneurship, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.31537/jembe.v1i1.1275
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wirda Fitria Sahila, Siti Ning Farida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


