Digitalisasi Pemasaran Melalui Media Sosial Sebagai Strategi Pengembangan UMKM di Desa Lebo Sidoarjo
Keywords:
Digitalisasi Pemasaran, Media Sosial, Pengembangan UMKMAbstract
Digitalisasi pemasaran melalui media sosial telah menjadi kebutuhan penting bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Desa Lebo, Kabupaten Sidoarjo, untuk meningkatkan daya saing di pasar yang semakin kompetitif. Jurnal ini mengkaji sosialisasi yang dilakukan mengenai pentingnya digitalisasi pemasaran dan pemanfaatan media sosial sebagai strategi pengembangan UMKM. Metode sosialisasi mencakup pemaparan tentang konsep 4P (Produk, Harga, Tempat, Promosi), pentingnya digitalisasi pemasaran, dan manfaat media sosial untuk pengembangan UMKM. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa peserta merasa lebih paham tentang pentingnya digitalisasi dan telah mulai mengimplementasikan strategi pemasaran di media sosial. Kesimpulannya, digitalisasi pemasaran melalui media sosial tidak hanya meningkatkan visibilitas dan interaksi dengan konsumen, tetapi juga memberikan landasan yang kuat bagi pengembangan UMKM di Desa Lebo. Jurnal ini menekankan pentingnya adopsi teknologi dan strategi pemasaran yang modern untuk keberlanjutan dan pertumbuhan UMKM di era digital.
References
Astuti, R. P., Kartono, K., & Rahmadi, R. (2020). Pengembangan UMKM melalui Digitalisasi Tekonolgi dan Integrasi Akses Permodalan. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2). https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5764
Ayem, S., Wahidah, U., Lada, S., Cahyaning, E. K., Supatman, S., Indraswari, N. M., & Abinowo, A. C. (2024). Digitalisasi Bisnis Sebagai Strategi Pengembangan Usaha pada Pengrajin Kain Tenun Melalui Implementasi Konsep Tri-N di Desa Karangasem, Klaten, Jawa Tengah. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 188. https://doi.org/10.35914/tomaega.v7i1.2439
Chusniyah, I., & Fauza, N. (2022). Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran di Masa Pademi Bagi Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). http://jatimtimes.online/pendidikan/mahasiswa-pnm-15-umm-bangkitkan-umkm-di-nganjuk-
Djaslim, Saladin. (2016). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian. Edisi 3. Bandung.
Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences. 3(2), 77. https://doi.org/10.32493/jls.v3i2.p77-85
Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Khaddapi, M., Damayanti, & Kaharuddin, ; (2022). Strategi Digital Bauran Pemasaran 4P Terhadap Kinerja UMKM Kota Palopo. In Jurnal Pemasaran Kompetitif (Vol. 05, Issue 2). http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JPK
Lesmana, D., & Kasim, R. S. (2018). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Delizza Pizza Kota Gorontalo. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal.
Mandasari, D. J., Widodo, J., & Djaja, S. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Batik Magenda Tamanan Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 123–128. https://doi.org/10.19184/jpe.v13i1.10432
Marpaung. A. P., Hafiz, M. S., Koto, M., & Dari, W. (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital marketing. Prosiding Seminar Kewirausahaan, 2(1), 294-300.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Rara, D. H. M. (2022). Media Sosial Sebagai Alternatif Penjualan Pengusaha Kain Jumputan Sutra Ditengah Pandemi Covid-19. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(1). 45-52. https://doi.org/10.38043/parta.v2i1.3171
Saputra, D. H., Sutiksno, D. U., Kusuma, A. H. P., Romindo, R., Wahyuni, D., Purnomo, A., & Simarmata, J. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Yayasan Kita Menulis.
Soelaiman, L., & Utami, A. R. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi Media Sosial Instagram Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Umkm. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 124. https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i1.11104
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Meidya Ayu Prameswari, Sumainah Fauziah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


