Pendampingan Digitalisasi UMKM Sebagai Media Promosi dan Pemasaran UMKM Desa Banjaragung

Authors

  • Faiza Aulia Novadinastia Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • R. Yuniardi Rusdianto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Digital Marketing, Sosial Media, Promosi, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Abstract

Pendampingan Digitalisasi UMKM di Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM tentang pentingnya pemanfaatan media sosial sebagai solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh UMKM yaitu keterbatasan pemasaran produk jamu dan sari kedelai akibat kurangnya pengetahuan pemasaran   produk   secara   digital..   Metode   pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Observasi dan pendampingan tentang pemanfaatan media sosial sebagai media promosi dan pemasaran. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah (1) UMKM memahami pentingnya pemanfaatan Digitalisasi UMKM, (2) UMKM memahami cara mengelola penjualan produk di Instagram, dan (3) Mengelola konten digital dengan baik. Dengan demikian, perluasan area distribusi, peningkatan penjualan produk, dan kesejahteraan masyarakat Desa Banjaragung diharapkan dapat meningkat dengan adanya Instagram sebagai media promosi dan pemasaran

References

Simberova, I., Koraus, A., Schüller, D., Smolíkova, L., Strakova, J., & Vachal, J. (2022). Threats and Opportunities in Digital Transformationin SMEs from the Perspective of Sustainability: A Case Study in the Czech Republic. Sustainability (Switzerland), 14(6). https://doi.org/10.3390/su14063628

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Novadinastia , F. A. ., & Rusdianto , R. Y. . (2025). Pendampingan Digitalisasi UMKM Sebagai Media Promosi dan Pemasaran UMKM Desa Banjaragung . Jurnal Sinabis, 1(5), 1532–1536. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/370

Issue

Section

Articles