Pendampingan Digitalisasi UMKM Sebagai Media Promosi dan Pemasaran UMKM Desa Banjaragung
Keywords:
Digital Marketing, Sosial Media, Promosi, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)Abstract
Pendampingan Digitalisasi UMKM di Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM tentang pentingnya pemanfaatan media sosial sebagai solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh UMKM yaitu keterbatasan pemasaran produk jamu dan sari kedelai akibat kurangnya pengetahuan pemasaran produk secara digital.. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Observasi dan pendampingan tentang pemanfaatan media sosial sebagai media promosi dan pemasaran. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah (1) UMKM memahami pentingnya pemanfaatan Digitalisasi UMKM, (2) UMKM memahami cara mengelola penjualan produk di Instagram, dan (3) Mengelola konten digital dengan baik. Dengan demikian, perluasan area distribusi, peningkatan penjualan produk, dan kesejahteraan masyarakat Desa Banjaragung diharapkan dapat meningkat dengan adanya Instagram sebagai media promosi dan pemasaran
References
Simberova, I., Koraus, A., Schüller, D., Smolíkova, L., Strakova, J., & Vachal, J. (2022). Threats and Opportunities in Digital Transformationin SMEs from the Perspective of Sustainability: A Case Study in the Czech Republic. Sustainability (Switzerland), 14(6). https://doi.org/10.3390/su14063628
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Faiza Aulia Novadinastia , R. Yuniardi Rusdianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


