Revolusi Indusri 4.0: Pemanfaatan Artifical Intelligence Dalam Strategi Pemasaran
Keywords:
Revolusi Industry 4.0, Artifical Intlegence, Strategi, PemasaranAbstract
Revolusi Industri 4.0 merupakan fase terbaru dalam perkembangan industri, ditandai dengan pengintegrasian teknologi digital, otomatisasi, dan analisis data besar ke dalam proses produksi dan layanan. Dengan memanfaatkan Artifical Intlegence, perusahaan dapat mengoptimalkan strategi pemasaran konten mereka untuk mencapai tujuan bisnis dengan lebih baik serta memperoleh hasil yang lebih memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep revolusi industri 4.0, mengidentifikasi manfaat dan keungulan artificial intelligence dalam pemasaran, serta tantangan penerapan artificial intelligence untuk pemasaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu dekriptif dengan pendekatan kualitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan. Hasil menunjukan bahwa revolusi industri 4.0 tidak hanya berkontribusi pada peningkatan efisiensi operasional, tetapi juga memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk lebih memahami perilaku dan preferensi pelanggan
References
Ardiansyah, A., Fardana, F. F., & Yaqin, M. A. (2021). Analisis dan Perancangan Artificial Intelligence Pada Business Process Management. ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics, 3(1), 69-82.
Ananda, T. A., Dewi, N. K., & Saleh, M. Z. (2023). Fenomena Perubahan Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Tantangan di Era Digital. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(4), 98-107.
Fidiyanti, F., Subagja, A. R., Wachyu, R. P., & Madiistriyatno, H. (2023). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Teknologi Artificial Intelegence. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(7), 1994-2001.
Fonna, N. (2019). Pengembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Berbagai Bidang
Majidah, S., & Istianah, I. (2023). Analisis Strategi Bauran Pemasaran 4P di Era 5.0 Berbasis Maqāṣid Syarīah. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 6(1), 59-76.
Permana, A. A., Darmawan, R., Saputri, F. R., Herwinsyah, H., Harto, B., Abdurrasyid, R. R. A.-H., Wijayanti, R. R., Irmawati, M., Safii, M., Pasaribu, J. S., & Rukmana, A. Y. (2023). Artificial Intelligence Marketing. GET PRESS INDONESIA. ISBN 978-623-198-574-3.
Prabowo, O. H., Merthayasa, A., & Saebah, N. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Manajemen Perubahan pada Kegiatan Bisnis di Era Globalisasi. Syntax Idea, 5(7), 883-892.
Pratama, Y., Fachrurazi, F., Sani, I., Abdullah, M. A. F., Noviany, H., Narulita, S., ... & Islam, D. (2023). Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran: Analisis dan Strategi Di Era Digital.
Purba, N., Yahya, M., & Nurbaiti, N. (2021). Revolusi industri 4.0: Peran teknologi dalam eksistensi penguasaan bisnis dan implementasinya. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 9(2), 91-98
Riofita, H., Rifky, M. G., Salamah, L. R., Asrita, R., & Nurzanah, S. (2024). Perubahan Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Tantangan Pasar Konsumen Di Era Digital. Jurnal Ekonomi Mana-jemen Dan Bisnis (JEMB), 1(3), 21- 26.
Sirait, F. E. T. (2022). Dampak Revolusi Industri 4.0 pada Industri Teknologi Komunikasi di Indonesia: Peluang dan Tantangan. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 6(1), 132-139.
Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wijayaningsih, R., Andini, N., Lestary, R. I., Rahma, A. I. H., Ramadani, N. T., Prawirodinata, J., ... & Maulana, Y. R. (2024). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan dalam Transformasi Intelejen Bisnis untuk Keunggulan Kompetitif. CEMERLANG: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 4(3), 136-141.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adinda Putri Eka Oktaviani , Sonja Andarini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


