Implementasi Pertumbuhan Ekonomi Digital dalam Penguatan Legalitas Usaha NIB UMKM di Kelurahan Gebang Putih
Keywords:
UMKM, NIB,, Digitalisasi, SDGsAbstract
Dalam era globalisasi yang terus berkembang, Sustainable Development Goals (SDGs) menjadi kerangka penting untuk mencapai kesejahteraan sosial, ekonomi, dan lingkungan secara berkelanjutan. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peran penting dalam perekonomian suatu wilayah maupun negara. Pertumbuhan ekonomi digital merupakan salah satu pilar utama dalam mewujudkan tujuan tersebut. Digitalisasi telah mengubah cara bisnis beroperasi, memperluas akses pasar, serta mendorong inovasi. Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018, yang mengatur Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, diterbitkan pada 21 Juni 2018 dengan tujuan mempercepat dan meningkatkan investasi serta kegiatan usaha melalui sistem perizinan yang lebih efisien dan transparan
References
Panuluh, S., & Fitri, M. R. (2016). Perkembangan pelaksanaan sustainable development goals (SDGs) di Indonesia. Biefing Paper, 2(1), 1-25.
Humanika, E., Trisusilo, A., & Setiawan, R. F. (2023). Peran BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dalam Pencapaian SDGs Desa. Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh, 8(2), 101-116. https://doi.org/10.29103/ag.v8i2.14827
Barus, D. R., Simangunsong, J. S., Ginting, S. E. B., & Saragih, L. S. (2024). Pengaruh Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Pasar Global. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 495-500. https://jicnusantara.com/index.php/jiic/issue/view/9
Prasetiasari, C., Suwalla, N., Lubis, I. H., Andrini, A. R., Delviane, A., Sitohang, C. P., ... & Gaol, F. L. (2023).
Pentingnya Kesadaran Hukum Masyarakat untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Era Digital pada Kelurahan Sembulang Kecamatan Rempang Pulau Galang Kota Batam. Yumary: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 19-25. https://doi.org/10.35912/yumary.v4i1.2376
Indrawanto, S. (2024). Merajut Keberlanjutan Usaha: Panduan Hukum Dagang dan Bisnis. PT Indonesia Delapan Kreasi Nusa.
Hidayat, M. N. A., & Sari, R. P. (2024). Optimalisasi Legalitas dan Pemasaran dalam Mendukung Pertumbuhan UMKM (Studi Kasus Pada UMKM di Kecamatan Sawahan Surabaya). JURNAL ILMIAH NUSANTARA, 1(4), 1026-1034. https://doi.org/10.61722/jinu.v1i4.2171
Sutadji, I. M. (2024). Membingkai Dimensi SDGS Indonesia Melalui Strategi Market Conduct, Edukasi Dan Perlindungan Konsumen Era Ekonomi Digital. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 15(2), 230-239. https://doi.org/10.22225/kr.15.2.2024.230-239
Octavina, L. A., & Rita, M. R. (2021). Digitalisasi umkm, literasi keuangan, dan kinerja keuangan: Studi pada masa pandemi Covid-19. Perbanas Journal of Business and Banking, 11(1), 73-92. https://doi.org/10.14414/jbb.v11i1.2552
Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At- Taqaddum, 8(1), 21-46. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Laia, B. (2022). Sosialisasi dampak kegiatan kuliah kerja nyata di desa (studi: Desa Sirofi). Haga: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 74-84.
Badan Pemeriksa Keuangan, 2018 https://peraturan.bpk.go.id/Details/82994/pp-no-24-tahun-2018 Diakses pada tanggal 7 Oktober 2024
Arsanto, D. F. E., Arifa, A., Calosa, A. B., Yulianto, B., & Putri, D. N. (2021). Pemetaan Data Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Pendaftaran Nomor Induk Berusaha di Desa Tremes, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Nutrition and Public Health, 2(2), 147-154. http://dx.doi.org/10.20961/agrihealth.v2i2.57287
Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1):59-66. https://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/ jab/issue/view/62
Desvia, N., & Tan, D. (2021). Pendampingan Pendaftaran Perizinan Berusaha PT Universal Yasa Solutions Pada Lembaga Online Single Submission. ConCEPt - Conference on Community Engagement Project, 1(1):468–480. https://journal.uib.ac.id/index.php/concept/article/view/4668/1374
Budiarto, F. N. R., Amelia, K. S., Arindawati, S., Mawardhany, S. K., Belangi, H. A. P., Mas' udah, K. W., & Wuryandari, Y. (2022). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) dalam Rangka Pengembangan UMKM Desa Ngampungan. KARYA UNGGUL-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 116-124. https://www.ojs.atds.ac.id/index.php/karyaunggul/article/vi ew/78/58
Rahmanisa, A. (2022). Pentingnya Legalitas Usaha Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Eksaminasi: Jurnal Hukum, 1(1), 77–83. https://doi.org/10.37729/eksaminasi.v1i2.1243
Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51-58. https://doi.org/10.30606/cano.v6i1.627
Umiyati, E. (2014). Analisa Pertumbuhan Ekonomi Dan Ketimpangan Pembangunan Antar Wilayah Di Pulau Sumatera. Jurnal Paradigma Ekonomika, 9(2). https://doi.org/10.22437/paradigma.v9i2.2207
Wulandari, A. E. (2023). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (Nib) Dalam Rangka Pengembangan Umkm Desa Waluya. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(1), 4085-4093. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/AJPM/article/ view/4171
Arrizal, N. Z., & Sofyantoro, S. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif dan UMKM di Masa Pandemi Melalui Digitalisasi. Birokrasi Pancasila: Jurnal Pemerintahan, Pembangunan, Dan Inovasi Daerah, 2(1),39–48.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Julia Laily Agustin , Yanda Bara Kusuma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


