Analisis Peran Media Sosial dalam Membangun Citra Merek Clothing Brand: Rongsisi

Authors

  • Rangga Eka Saputra Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Lia Nirawati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Media Sosial, Citra Merek, Clothing Brand, Rongsisi, Strategi Konten

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media sosial dalam membangun citra merek pada clothing brand "Rongsisi". Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi aktivitas media sosial brand tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial memainkan peran penting dalam membangun identitas dan reputasi brand, melalui strategi konten, interaksi dengan konsumen dan konten testimoni.. Penggunaan media sosial yang efektif dapat meningkatkan kesadaran merek dan loyalitas konsumen

References

Aji, P., Nadhila, V., & Sanny, L. (2020). Effect of social media marketing on Instagram towards purchase intention: Evidence from Indonesia’s ready-to-drink tea industry. International Journal of Data and Network Science, 4(2), 91-104. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2020.3.005

Bernarto, I., Berlianto, M. P., Palupi, Y. F. C., Meilani, M., Masman, R. R., & Suryawan, I. N. (2020). The influence of brand awareness, brand image, and brand trust on brand loyalty. Jurnal Manajemen, 3(2), 23-28. https://doi.org/10.1234/jman.2020.32002

Ibrahim, B., Aljarah, A., & Sawaftah, D. (2021). Linking social media marketing activities to revisit intention through brand trust and brand loyalty on the coffee shop Facebook pages: Exploring sequential mediation mechanism. Sustainability, 13(4), 2277.https://doi.org/10.3390/su13042277

Sanny, L., Arina, A., Maulidya, R., & Pertiwi, R. (2020). Purchase intention on Indonesia male’s skin care by social media marketing effect towards brand image and brand trust. Management Science Letters, 10(10), 2139-2146.https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.3.004

Hermanda, A., Sumarwan, U., & Tinaprilla, D. N. (2019). The effect of social media influencer on brand image, self-concept, and purchase intention. Journal of Consumer Sciences, 4(2), 76-89.https://doi.org/10.29244/jcs.4.2.76-89

Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2020). Social media marketing (4th ed.). Sage Publications.

Mulitawati, I. M., & Retnasary, M. (2020). Strategi komunikasi pemasaran dalam membangun brand image melalui sosial media Instagram: Studi kasus deskriptif analisis citra merk melalui strategi branding media sosial Instagram Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Ilmiah Komunikasi, 9(1), 34-45.

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Saputra , R. E. ., & Nirawati , L. . (2025). Analisis Peran Media Sosial dalam Membangun Citra Merek Clothing Brand: Rongsisi . Jurnal Sinabis, 1(6), 1805–1809. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/378

Issue

Section

Articles