Optimalisasi Proses Bisnis Berbasis ISO 9001:2015 melalui Upaya Digitalisasi Guna Memenuhi Kepuasan Pelanggan di PT INKA Multi Solusi

Authors

  • Wilda Maulidiyah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Nurhadi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Manajemen Mutu, ISO 9001:2015, PT IMS

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana optimalisasi proses bisnis berbasis ISO 9001:2015 melalui upaya digitalisasi dapat memenuhi kepuasan pelanggan di PT INKA Multi Solusi (PT IMS). Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam kegiatan ini, dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari observasi langsung di lapangan dan wawancara dengan narasumber terkait. Penulis menggunakan sumber data primer dari hasil observasi dan wawancara, serta referensi dari buku, jurnal, serta website resmi PT INKA (Persero) dan PT INKA Multi Solusi sebagai sumber data sekunder. Teknik analisis menggunakan pendekatan deskriptif-naratif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa optimalisasi proses bisnis berbasis ISO 9001:2015 melalui upaya digitalisasi dilakukan dengan mengelola dan mengendalikan informasi terdokumentasi. Dengan memperhatikan acuan ISO 9001:2015 dan memanfaatkan teknologi digital dalam proses bisnis perusahaan, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan sesuai persyaratan proses dan produk dari perusahaan serta pelanggan, sehingga dapat memenuhi kepuasan pelanggan

References

Angelieta, P. V., Roswaty, & Kurniawan, M. (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Restaurant Pempek Beringin Radial Palembang. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(3), 699–711. https://doi.org/10.56799/ekoma.v3i3.3087

Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. [Online]. https://dikti.kemdikbud.go.id/. Diakses pada 19 Desember 2022.

Ibrahim, S, Mulyanto, A., & Olii, S. (2023). Analisis dan Rekayasa Proses Bisnis Pengelolaan Ormawa Universitas Negeri Gorontalo. Diffusion: Journal of System and Information Technology. 3(1), 130-141.

Irawan, H. (2021). Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo

Jamaluddin. (2017). Manajemen Mutu Teori dan Aplikasi pada Lembaga Pendidikan. Jambi: Pusaka Jambi.

Lumempow, K.R., Worang, F.G., & Gunawan, E. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Swiss Belhotel Maleosan Manado. Jurnal EMBA. 11(1), 1-11.

Pengelola Web Kemendikbud. (2022). Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Angkatan 3 Resmi Dibuka. [Online]. https://www.kemdikbud.go.id/. Diakses pada 19 Desember 2022.

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Air dan Konstruksi Kementerian PUPR. (2017). Modul Pemahaman Sistem Manajemen Mutu Pelatihan Pengendalian Pengawasan Pekerjaan Konstruksi. Bandung: Kementerian PUPR.

Sucofindo. (2019). Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Jakarta: Sucofindo International Certification Services.

Turnip, P.M., Simanjuntak, J., & Simanjuntak, A.N. (2023). Pengaruh Sistem Manajemen Mutu terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan pada Perusahaan Damri Kota Medan. Jurnal Bisnis dan Manajemen (JBM). 1(2), 100-112.

Website Official PT INKA Multi Solusi. (2022). [Online]. https://inkamultisolusi.co.id. Diakses pada20 Desember 2022.

Website Official PT INKA (Persero). (2022). [Online]. https://www.inka.co.id. Diakses pada 22 Desember 2022.

Zakaria, R., Rochani, R., & Putri, A.S. (2022). Analisis Peran Stakeholder pada PT Maicih Inti Sinergi dalam Upaya Penyempurnaan Struktur Organisasi Perusahaan. Seminar dan Konferensi Nasional IDEC 23 Juli 2022.

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Maulidiyah , W. ., & Nurhadi. (2025). Optimalisasi Proses Bisnis Berbasis ISO 9001:2015 melalui Upaya Digitalisasi Guna Memenuhi Kepuasan Pelanggan di PT INKA Multi Solusi . Jurnal Sinabis, 1(6), 1678–1689. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/379

Issue

Section

Articles