Pengembangan Keterampilan Digital Pada UMKM Jamu Mbah Su: Implementasi Logo, Stiker, Dan Banner Sebagai Strategi Pemasaran Di Kabupaten Jombang, Kecamatan Wonosalam

Authors

  • Arya Mahardika Priananda Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Nurul Azizah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Keterampilan Digital, Strategi Pemasaran, UMKM Jamu Mbah Su

Abstract

Pengembangan keterampilan digital pada  Usaha  Mikro,  Kecil,  dan Menengah (UMKM) menjadi hal yang penting dalam meningkatkan daya saing di era digital saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi logo, stiker, dan banner sebagai strategi pemasaran pada UMKM Jamu Mbah Su yang berlokasi di Kabupaten Jombang, Kecamatan Wonosalam. Melalui pengembangan identitas visual yang kuat, UMKM ini dapat meningkatkan visibilitas dan menarik perhatian konsumen. Metode penelitian yang digunakan meliputi observasi langsung dan wawancara dengan pemilik UMKM serta pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan logo, stiker, dan banner yang menarik dan sesuai dengan karakter produk dapat meningkatkan brand awareness serta memperluas jangkauan pemasaran. Selain itu, keterampilan digital dalam desain grafis yang diterapkan dalam pembuatan materi promosi memberikan dampak positif terhadap citra produk. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi UMKM lainnya dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pengembangan usaha serta sebagai acuan untuk peningkatan kualitas produk dan layanan. Dengan demikian, pengembangan keterampilan digital pada UMKM Jamu Mbah Su diharapkan dapat  menjadi  model bagi  UMKM lain di  daerah sekitarnya untuk meningkatkan daya saing di pasar yang semakin kompetitif.

References

Adi I., Fajar M Adi P., Indriyani N., Muhammad Revan., Nurlita F., & Vanessa P. (2021). Rebranding dan Pembuatan Konten Produk untuk Media Sosial pada Brand Radyt Fashion, Mangga Dua Square Jakarta. PEDES: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Desain | Vol. 1, Th. 2021. Hal: 46-50.

Ahmad Faiz M., Ariefika L., & Muhammad Iqbal Q. (2019). Branding Produk UMKM Pempek Gersang. Jurnal Desain Vol. 6, No.3, Mei 2019, pp. 177-185.

Aji, M. (2022). Ritual Pager Wojo Di Pagar Nusa Rayon Uin Prof. Kh Saifuddin Zuhri Purwokerto (Studi Living Qur’an) (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri). https://repository.uinsaizu.ac.id/16498/

Aniek Rumijati, Nurul Asfiah, & Iqbal R.F. (2021). Rebranding untuk Meningkatkan Nilai Tambah Produk di Kelompok Usaha Mikro Olahan Susu pada Ikatan Pengusaha ‘Aisyiyah (IPAS). Jurnal Budimas 03(0)1, 2021.

Apriyanto, A. I. (2020). Pengaruh E-Commerce Dan Proses Halal Terhadap Pendapatan Pengusaha Muslim Di Gerai Ayam Geprek (Studi Pada Gerai Ayam Geprek Di Kecamatan Sukarame) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/11217/

Arina Nur, I. (2022). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Pada Kedai Kopi Ishpot Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Doctoral dissertation, UIN PROF. KH Saifuddin Zuhri). https://repository.uinsaizu.ac.id/16030/1/Arina%20Nur%20Ifadloh_1817201175_Skripsi.pdf

Benardi, & Karlaili, R. (2022). Optimalisasi Pemanfaatan E-Commerce dalam Pengembangan Bisnis UMKM. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Kepada Msyarakat, 158-167. http://journalstiayappimakassar.ac.id/index.php/jppmi/article/view/1487

Dewantara, M. H. (2018). Pengembangan Pariwisata Medis Berbasis Tanaman Obat Di Desa Wanagiri- Bedugul. Journey : Journal of Tourismpreneurship, Culinary, Hospitality, Convention and Event Management, 31-54. http://www.ojsjourney.pib.ac.id/index.php/art/article/view/3

Ghiovan H.P., Bintang Pramudya P.P., & Sultan Arif R. (2021). Rebranding UMKM Macnfish.ID untuk Meningkatkan Brand Awareness untuk Konsumen Usia 17-38 Tahun di Kota Surabaya. SAINSBERTEK Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi Vol. 1-DKV, September 2021.

Haris Murwanto, & Dian Indriani Tri Lestari. (2023). Rebranding dan Upaya Peningkatan Loyalitas Pelanggan. SOLUSI: Jurnal Ilmiah Nidang Ilmu Ekonomi 21, No. 1 Januari 2023, Hal 30-39.

Janah, U. R., & Tampubolon, F. R. (2024). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dalam Pertumbuhan Ekonomi: Analisis Kontribusi Sektor UMKM terhadap Pendapatan Nasional di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 739-746. https://teewanjournal.com/index.php/peng/arti cle/view/931

Karsono, Purwanto, & Abdul Matin Bin S. (2021). Strategi Branding dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 2021, 869-880.

Kheyene M.B. (2014). Re-branding Starbucks; Penguatan Merek “Logo Tanpa Nama”. Jurnal Komunikasi Islam, 6 (2) (2014): 120-127.

Laras R.P., Lidzikirllah F.P., Deby F.W., & Ria Wulandari. (2023). Re-branding Produk Sebagai Daya Tarik Pemasaran pada U MKM Jamu di Dusun Kedurus Kabupaten Sidoarjo. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 7 (2), 20 23 , 588- 596 .

Marco Ariano. (2017). Pengaruh Rebranding dan Repositioning terhadap Brand Equity Smartphone Microsoft Lumia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol. 6 No. 2 (2017).

Maulitha, A. E., & Aminah, S. (2024). Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Mengoptimalkan Potensi UMKM yang ada di Desa Wonosalam. ARSY: Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat, 5(1), 82-87.

Nugroho, A., Florina, I. D., & Edy, S. (2024). Menggali Strategi Visual dan Naratif@ tokomerekah dalam Membangun Brand Identitas di Instagram. Journal of Education Research, 3158–3169. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/1489

Sularsih, H., Ekasari, L. D., & Indah, S. (2023). Pelatihan Pengembangan Branding dan Pemasaran Produk Bubur Pedas Melalui Media Sosial dan Strategi Digital Marketing. Studium: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 15–22. https://journal.widapublishing.com/index.php/JP M/article/view/86

Viola Natalia, & Rezi Erdiansyah. (2020). Pengaruh Rebranding dan Kualitas Layanan Terhadap Brand Image Gojek. Prologia EISSN 2598-0777 Vol. 4, No. 2. Oktober 2020, Hal 221-228.

Wachyuni, S. S., Wardhana, I. W., & Priyambodo, T. K. (Eds.). (2024). Ekosistem UMKM Pangan Lokal Di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Borobudur. Mata Kata Inspirasi.

Wijoyo, H. (2020). Digital economy dan pemasaran era new normal. Selayo: INSAN CENDEKIA MANDIRI.

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Priananda , A. M., & Azizah , N. . (2025). Pengembangan Keterampilan Digital Pada UMKM Jamu Mbah Su: Implementasi Logo, Stiker, Dan Banner Sebagai Strategi Pemasaran Di Kabupaten Jombang, Kecamatan Wonosalam . Jurnal Sinabis, 1(6), 1633–1641. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/380

Issue

Section

Articles