Pemberdayaan SDM Dalam Transformasi Digital Bidang UMKM di Kelurahan Kalisari Surabaya

Authors

  • Christoforus David Kurniawan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Acep Samsudin Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Digitalisasi, Pemasaran, UMKM

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat  dengan memperhatikan pelaku UMKM dalam mengoptimalkan pemahaman sumber daya manusia akan perkembangan teknologi dalam memaksimalkan strategi usaha mikro, kecil, dan menengah. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan selama 1 bulan (satu bulan) dimulai survey lokasi bulan Juli 2024 pelaksanaan program dan selesai pada bulan Agustus 2024. Tujuan pengabdian masyakat ini adalah Aksi Nyata Mendukung Peningkatan Capaian Sasaran Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) berlandaskan Bela Negara. Kegiatan pengabdian ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pelaku UMKM terkait pengelolaan usaha atau bisnis secara daring dengan memanfaatkan tekonologi digital agar mampu bersaing dimasa modern ini. Model pemberdayaan SDM di lingkungan tersebut dengan 3 (tiga) tahapan, pertama mengobservasi pelaku usaha, kedua pelaksanaan dengan koordinasi dan pendampingan dengan mitra UMKM, lalu terakhir dilakukan monitoring secara berkelanjutan. Pengabdian ini dilaksanakan di Kelurahan Kalisari, Kota Surabaya tepatnya di 2 (dua) RW yang dinilai masih tertinggal yakni RW 03 dan RW 05. Mayoritas penghasilan masyarakat adalah pelaku UMKM. Hasil dari program pengabdian ini menunjukkan bahwa terdapat 2 (dua) UMKM yang telah mendapatkan QRIS, 4 (empat) UMKM telah terdaftar dan memiliki NIB, 6 (enam) UMKM telah berhasil melakukan pemetaan di Gmaps, serta 3 (tiga) UMKM yang telah terdaftar ke dalam e-commerce sebagai sarana penjualannya.

References

Adhi. (2022). Transformasi Digital UMKM Jadi Prioritas Penguatan Fondasi Ekonomi. Kominfo. https://www.kominfo.go.id/content/detail/40915/transformasi-digitalumkm-jadi prioritas-penguatanfondasiekonomi/0/ berita#:~:text=Peran UMKM sangat besar dalam,sekitar 119%2C6 juta orang.

Alam, A., Ratnasari, R. T., Mua’awanah, C., & Hamidah, R. A. (2022). Generation Z perceptions in paying Zakat, Infaq, and Sadaqah using Fintech: A comparative study of Indonesia and Malaysia. Investment Management and Financial Innovations, 19(2), 320–330. https://doi.org/10.21511/imfi.19(2).2022.28

Al Afif, R. A., Safitri, A. C. R., & Haryoko, H. A. S. (2024). Sosialisasi dan Pendampingan Tekonologi Keuangan QRIS pada Kas Masjid Al-Ikhlas Kulurejo Wonogiri. Jurnal BUDIMAS, 06(02), 1–9.

Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 92. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610

Astuti, R. P., Kartono, K., & Rahmadi, R. (2020). Pengembangan UMKM melalui Digitalisasi Tekonolgi dan Integrasi Akses Permodalan. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat,8(2),248–256. https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5764

Basuki, B. P. (2023). UMKM Goes Digital. Kementrian Keuangan. https://djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/ntt/id/ data-publikasi/artikel/2886-umkm-goes- digital.html

Bisnis, J. M., Perkembangan, B., Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Universitas Sumatera Utara (1)(2)(3). 17(2), 287–297.

City, I. D. (2022). Pengaruh Penggunaan E- Commerce, Financial Technology dan Media Sosial Terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Kota Dumai. E-Jurnal Akuntansi, 32(2), 750-761.

Faizal, I., Nanda, I., Ariestiandy, D., & Ernawati, T. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), 3(2), 81-86.

Harahap, H. S., Dewi, N. K., & Ningrum, E. P. (2021). Pemanfaatan digital marketing bagi UMKM. Jurnal Loyalitas Sosial, 3(2), 77-85.

Irawaty, I., Anitasari, R. F., & Setiawan, A. (2022). Peningkatan Pemahaman Pelaku UMK Mengenai Urgensi dan Tata Cara Mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB). Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia (Indonesian Journal of Legal Community Engagement) JPHI, 5(1), 35–49.https://doi.org/10.15294/jphi.v5i1.53495

Kurniawati, E. T., Zuhroh, I., & Malik, N. (2021). Literasi dan Edukasi Pembayaran Non Tunai Melalui Aplikasi QR Code Indonesian Standard (QRIS) Pada Kelompok Milenial. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 05(01), 23–30.

Machfuzhoh, A., & Widyaningsih, I. U. (2020). Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi UMKM Menuju UMKM Naik Kelas Di Kecamatan Grogol. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (JANAYU), 1(2).

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R.,

& Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(2), 46 – 53.

Rohimah, N. N. (2019). Efektifitas Digitalisasi Marketing Para Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Lombok (Analisis Media Equation Theory). Al- I’lam; Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(1), 1–14.

Supriyanto. 2006. Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Sebagai Salah Satu Upaya Penanggulangan Kemiskinan. Jurnal Ekonomi Pendidikan. 3(1) Hal:1-16.

Tambunan, T. T. H. (2021). UMKM Di INDONESIA: Perkembangan, Kendala, dan Tantangan. Prenada. https://books.google.co.id/books?id=tLteE AAAQBAJ

Vinatra, S. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3),01-08.

Wusqo, A. U., Fridayanti, B. E., & Aisyah, S. (2023). Pengembangan dan Pendampingan UMKM Dompet Kulit Melalui Digitalisasi Marketing Berbasis Marketplace Shopee Untuk Menunjang Pemasaran dan Peningkatan Penjualan. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 43. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.9482

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Kurniawan , C. D. ., & Samsudin , A. . (2025). Pemberdayaan SDM Dalam Transformasi Digital Bidang UMKM di Kelurahan Kalisari Surabaya . Jurnal Sinabis, 1(3), 811–817. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/381

Issue

Section

Articles