Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Marl.Coffee di Era Digital
Keywords:
Pemasaran, Analisis SWOT, DigitalisasiAbstract
ABSTRAK
Perkembangan zaman saat ini menuntut dunia usaha untuk tumbuh dan berkembang menciptakan ide-ide baru dalam persaingan bisnis yang sangat ketat. Hal tersebut disebabkan oleh banyaknya pesaing dengan produk atau jasa yang sama serta dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih. Untuk menghadapi pesaingan tersebut perusahaan dituntut untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya dengan berinovasi, mengembangkan usaha, meningkatkan pelayanan dan mendigitalisasikan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pada Marl.Coffee dalam meningkatkan penjualan di new normal life setelah dilanda covid-19. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan analisis SWOT dan diuji dengan Matriks IFAS dan Matriks EFAS untuk mengetahui strategi pemasaran dalam peningkatan penjualan. Hasil penelitian menujukkan bahwa kekuatan dan peluang yang dimiliki Marl.Coffee untuk bertahan dan berkembang lebih besar daripada ancaman dan kelemahannya di era digitalisasi saat ini karena kualitas produk, pelayanan dan inovasi yang diberikan sangat baik sehingga membuat konsumen merasa puas serta Marl.Coffee telah berusaha mengikuti perkembangan zaman dengan melakukan pemasaran melalui media sosial dan mengabungkan usahanya dengan platform penjualan online (Gofood) dan dari hasil analisis juga ditemukan bahwa target pasar yang dimiliki Marl.Coffee sangat cocok karena letak yang strategis dekat dengan kampus.
References
Burhan, U. (2006). PENERAPAN STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA UMKM. 485–497.
Hidayat, K. K., Olivia, E., & Barek, I. (2023). Analisis Strategi Pemasaran dan Bauran Pemasaran di Era Digital dalam menghadapi Persaingan di UMKM Rajawali Persada Coffee. 5(3).
Nina Rezeki Amalia, Farida Yulianti, & Abdul Kadir. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Cafe Bree Sweetandfreeze Banjarmasin (Menggunakan Analisis SWOT). Jurnal Rimba : Riset Ilmu Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 41–48. https://doi.org/10.61132/rimba.v1i3.85
Rehatalanit, Y. L. R. (2016). Peran ECommerce Dalam Pengembangan Bisnis. Jurnal Teknologi Industri, 5, 63–69.
Steven Tombi Ra’pak Langi, Althon K. Pongtuluran, & Astriwati Biringkanae. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Melalui Aplikasi Lazada. Journal of Management and Social Sciences, 2(1), 107–122. https://doi.org/10.59031/jmsc.v2i1.355
Swinyard, & Smith. (2003). Analisis faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku pelanggan belanja. XVIII(03), 5. https://media.neliti.com/media/publicati ons/112511-ID-analisis-faktor-faktoryang-mempengaruhi.pdf
Syuhada, R., Isyanto, P., & Yani, D. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Café & Restoran Kokok Petok Di Cimalaya Wetan. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 24(1), 54–65.
Wulandari, A., Gafaruddin, A., & Yusria, W. O. (2023). Marketing Strategy in Increasing Sales Volume in Bakery Business (Case Study on Ayu Bakery Home Industry) in Lamokato Village, Kolaka District, Kolaka Regency. Newcomb : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media, 1(1), 65–81.
Yanti, I., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1–13.
Yolanda, F., & Dwiridhotjahjono, J. (2021). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Antena HDF Surabaya. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(1), 231–239. https://doi.org/10.32534/jv.v16i1.1841
Z, M., Zainuddin, M. Z., & Saputra, M. K. (2022). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Umkm Sederhana. Sultra Journal of Economics and Business, 3(2), 132– 149. https://doi.org/10.54297/sjeb.vol3.iss2.338
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rosiana Agussetyaningsih , R. Yuniardi Rusdianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


