Sosialisasi Pengenalan Listrik Prabayar oleh PT. PLN (Persero) ULP Bojonegoro kepada Masyarakat Kabupaten Bojonegoro

Authors

  • Ferrin Eka Anindya Putri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Indah Respati Kusumasari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Pendampingan, UMKM, Canva, Digital Marketing

Abstract

Program layanan listrik prabayar merupakan terobosan baru PT. PLN (Persero) yang secara resmi diterapkan di Indonesia pada tahun 2010. Alasan dipakainya sistem listrik prabayar adalah untuk mengatasi permasalahan yang muncul pada listrik pasca bayar seperti kesalahan pencatatan meter listrik oleh petugas, pencurian listrik, keterlambatan pembayaran tagihan listrik, dan lain sebagainya.  Permasalahan  tersebut  selain  merugikan  konsumen juga merugikan PT. PLN (Persero) selaku penyedia dan penyalur energi listrik. Penerapan sistem listrik prabayar mampu menjadikan masyarakat lebih bijak dalam pemakaian listrik karena mereka dapat mengatur sendiri penggunaan listrik sesuai keuangan dan kebutuhan. Akan tetapi masih banyak masyarakat yang kurang tertarik untuk menggunakan layanan listrik prabayar. Oleh karena itu perlu adanya kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh PT. PLN (Persero) ULP Bojonegoro untuk memberikan informasi secara mendalam mengenai layanan listrik prabayar kepada masyarakat kabupaten Bojonegoro. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh tim PT. PLN (Persero) ULP Bojonegoro ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Sosialisasi pengenalan listrik prabayar ini dilakukan melalui media sosial dan sosialisasi secara langsung di beberapa sekolah di kabupaten Bojonegoro yang mana meliputi tahapan persiapan dan pelaksanaan sosialisasi. Para peserta diberikan materi berupa pengetahuan mengenai listrik prabayar yang meliputi (perbedaan listrik prabayar dengan listrik pasca bayar dan cara mengatasi permasalahan pada penggunaan listrik prabayar) serta pemberitahuan cara pembayaran token listrik

References

Afandi, A., dkk. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Azwar. (2012). Listrik Prabayar Dilihat dari Perilaku Konsumen. Jurnal Ekonomi dan Bsinis, 11(1), 35-42.

Citarsa, I. B. F., Satiawan, I. N. W., Wiryajati, I.

K., & Seniari, N. M. (2020). Penyuluhan Pemakaian Peralatan Listrik Di Perumahan Kodya Asri Mataram. Jurnal Abdi Insani,

(2), 139–144. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/abdii nsani.v7i2.323

Dinata, A. P. I. (2019). Analisis Perbandingan Konsumsi Listrik Prabayar Dengan Pascabayar di Singopuran Kelurahan Kartasura Kabupaten Sukoharjo, 6.

Gunawan, D., Erwanto, D., & Shalahuddin, Y. (2018). Studi Komparasi Kwh Meter Pascabayar Dengan Kwh Meter Prabayar Tentang Akurasi Pengukuran Terhadap Tarif Listrik Yang Bervariasi. Setrum : Sistem Kendali-TenagaElektronika-

Telekomunikasi-Komputer, 7(1), 158. https://doi.org/10.36055/setrum.v7i1.3408

Husin, A., Andriani, D. S., Wiranti, W., Rahmadona, N., Wahyuni, S. A., Hardiansyah, A., Ariansyah, D., & Akbar, E.

B. (2023). Edukasi Perilaku Hemat Energi Sebagai Upaya Tanggap Perubahan Iklim Pada Ibu Rumah Tangga di Desa Sakatiga Seberang Kabupaten Ogan Ilir. Journal of Sriwijaya Community Service on Education (JSCSE), 2(1), 45–52. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jscse

.v2i1.759

Khotimah, K. (2017). Wujud Bela Negara melalui Pendidikan Budaya Hemat Energi. Jurnal Pertahanan Dan Bela Negara, 7(3),

–66. https://doi.org/https://doi.org/10.33172/jpbh. v7i3.230

Nuraita. Pusat Jurnal Ilmiah Online Sekolah Tinggi Teknik Harapan. http://journal.stth- medan.ac.id/mahasiswa/index.php/doc_dow nload/317-V1197-analisa-perbandingan-

kwh-meter-prabayar-dengan-nonprabayar-

di-lihat-dari-sisikeekonomisannya-di-pt-pln- persero

Putranta, H., Wahiddayah, W. N., Yuliyani, L., Maheswari, N. Z., Muna, N., & Nada, A. K. (2024). Modul Edukasi Mitigasi Bencana. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Putri, J., N. K. H. O., Suwena, K. R., & Meitriana, M. A. (2019). Studi Komparatif Kepuasan Pelanggan Antara Listrik Pintar (Prabayar) Dan Listrik Konvensional (Pascabayar) Pada Pt. Pln (Persero) Area Bali Utara Rayon Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(1), 168. https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i1.20103

Putri, L. A. K. (2018). Pengaruh Program Sekolah Adiwiyata terhadap Perilaku Peduli Lingkungan Siswa di SMA Negeri 2

Pringsewu [Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu

Politik]. https://digilib.unila.ac.id/32064/ Rhamadani. (2012). Penggunaan Meter

Prabayar oleh PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) Sebagai Teknik Pencegahan Pencurian Listrik Secara Situasional. Skripsi. Depok: Universitas Indonesia.

Ridwan, Nurmanita, M., Ticoh, D. J., & Kilis H.

M. B. (2024). Sosialisasi Kesadaran Masyarakat akan Bahaya dan Etika Pemakaian Listrik di Rumah pada Kelurahan Taratara Dua. Jurnal Abdi Panca Marga,

(1), 36-46. https://ejournal.upm.ac.id/index.php/abdipan camarga

Sakti, O., & Sukartini, N. M. (2020).

Karakteristik Individu dan Perilaku Peduli Lingkungan: Penggunaan Listrik. IJEEM- Indonesian Journal of Environmental Education and Management, 5(1), 34–48. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/IJEE M.051.03

Santoso, A. D., & Salim, M. A. (2019).

Penghematan Listrik Rumah Tangga dalam Menunjang Kestabilan Energi Nasional dan Kelestarian Lingkungan Household Electricity Savings to Support National Energy Stability and Environmental Sustainability. Jurnal Teknologi Lingkungan, 20(2), 263–270. https://doi.org/https://doi.org/10.29122/jtl.v2

i2.3242

Santikaaristi. (2022). Layanan Kelistrikan Kian Mudah dan Cepat, Ini Kata Pelanggan PLN Tentang PLN Mobile. https://web.pln.co.id/cms/media/siaran- pers/2022/07/layanankelistrikan-kianmudah- dan-cepat-ini-kata-pelanggan-pln- tentangplnmobile/#:~:text=Aplikasi%20PL N%20Mobile%20merupakan%20bagian,dan

%20beragam%20layanan%20kepada%20pel anggan

Senen, A., Simamora, Y., Oktaviana, W. T., Anggraini, D. (2019). Sosialisasi dan Simulasi Perhitungan Listrik Prabayar Di Wilayah Petukangan Utara Jakarta Selatan. Terang : Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Menerangi, 1(2), 173-181. https://doi.org/10.33322/terang.v1i2.222

Salahuddin. (2016). Perbandingan Energi Listrik Kwh Prabayar dengan Pascabayar. Jurnal Energi Listrik, 5(2), 11-20.

Uyun, S., Octavia, S. A., Hilaliah, L., & Muharom, A. (2020). Manajemen Sekolah: Madrasah Adiwiyata. Yogyakarta: Deepublish.

Wahyuningrum, K. (2017). Peran Humas PT.

PLN (Persero) Area Samarinda dalam Program Hemat Listrik di Kota Samarinda [Universitas Mulawarman]. https://ejournal.ilkom.fisip- unmul.ac.id/site/wp- content/uploads/2018/01/Skripsi Khairiyah-

(01-04-18-04-16-22).pdf

Yusnidar, C., Zulkifli, Saputra, Y. (2022).

Analisis Perbedaan Layanan Listrik Prabayar dan Pascabayar terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Menggunakan Jasa PT. PLN (P (Studi Kasus Pada Masyarakat Kecamatan Pidie Kabupaten Pidie). Jurnal Sains Riset (JSR), 12(2), 324-329. http://journal.unigha.ac.id/index.php/JSR

Downloads

Published

2025-11-26

How to Cite

Putri , F. E. A. ., & Kusumasari, I. R. . (2025). Sosialisasi Pengenalan Listrik Prabayar oleh PT. PLN (Persero) ULP Bojonegoro kepada Masyarakat Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Sinabis, 1(1), 314–323. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/383

Issue

Section

Articles