Strategi Rebranding Dalam Meningkatkan Brand Awareness di Era Digital Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kripik Tahu Crispy Rakhmad di Desa Jatirejo

Authors

  • Rio Bastian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Sumainah Fauziah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Rebranding, Brand Awareness, Stiker, Label Kemasan, Banner, UMKM

Abstract

Di era yang sudah serba digital ini, menuntut agar para pelaku usaha terus meningkatkan inovasi. Salah satu cara untuk meningkatkan inovasi adalah dengan cara rebranding pada usaha mereka sebagai cara meningkatkan brand awareness. Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Strategi Rebranding Label Kemasan Sebagai Cara Meningkatkan Brand Awareness Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kripik Tahu Crispy Rakhmad di Desa Jatirejo. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa usaha Kripik Tahu Crispy Rakhmad melakukan metode rebranding label kemasan dengan menggunakan stiker dan logo. Kegiatan rebranding label kemasan produk ini diharapkan dapat meningkatkan brand awareness yang sustainable mudah dikenali konsumen sehingga dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi dan wawancara langsung kepada pemilik usaha UMKM Kripik Tahu Crispy Rakhmad yang berada di Desa Jatirejo, Nganjuk. Permasalahan utama yang dihadapi para pelaku UMKM saat menjalankan usaha adalah pengelolaan dan ketakutan untuk mengambil resiko. Hasil dari jurnal ini nantinya akan bisa bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi para pelaku Unit Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memiliki permasalahan yang sama

References

Undang Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta : Kementrian Hukum dan HAM https://peraturan.bpk.go.id/Details/39653/uu-no-20- tahun-2008

Juliana, S. & Sihombing, O.S. (2019). Pengaruh penempatan produk dan kesadaran merek terhadap niat beli. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, (Online), 12. https://ejournal.trisakti.ac.id/index.php/jasa/article/vie w/3702

Rifyal Dahlawy dkk, (2020). Peran Strategi Merek dalam menciptakan Daya Saing Industri dan Bisnis Global. Brand, Islamic branding, & Rebranding Depok: Rajawali Pers Republik Indonesia.

Bantilan, D. S., Wulan, R. R., & Pamungkas, I. N. (2018). Strategi Re-Branding Zora Radio. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 1-12. https://jurnal.unpad.ac.id/profesihumas/article/view/1 2110

Utami, D. P. (2021). Strategi Branding Untuk Membangun Image Positif Pangan Lokal Bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Journal of Food Technology and Agroindustry,3(1),26–35. https://ejournalwiraraja.com/index.php/JFTA/article/vi ew/1208

Budiwitjaksono, G. S., Rachmawati, P. I., Alfiandy, M. Y., Sauki, M. S., & Ismail, R. R. (2023). Rebranding Label Kemasan Sebagai Sarana untuk Meningkatkan Brand Awareness Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Frozen Food Mas Fian di Kelurahan TuriKota Blitar. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 1(3), 167- 177. https://ejurnalqarnain.stisnq.ac.id/index.php/MUQADDI MAH/article/view/370

Vinatra, S. (2023). Peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Kesejahteraan Perekonomian Negara dan Masyarakat. Jurnal Akuntan Publik, 1(3), 1-08. https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/jap- widyakarya/article/view/832

Prayogo, A., Fauzi, A., Bagaskoro, D. S., Alamsyah, F. A., Tonda, F., Hafidzi, M. K., Fatturrohman, M. R. H., & Wijaya, S. (2023). Pengaruh Brand Image, Viral Marketing dan Brand Awareness Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmu,1(4),754-763. https://www.researchgate.net/publication/367391244_Pengaruh_Brand_Image_Viral_Marketing_dan_Brand_Awareness_Terhadap_Minat_Beli_Konsumen

Khasanah, & Srijani, N. (2023). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Demagogi: Journal of Social Sciences, Economics and Education, 1(1), 11-18. https://doi.org/10.61166/demagogi.v1i1.2

Aliyah, A. H. (2022). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 64-72. https://doi.org/10.37058/wlfr.v3i1.4719

Lestari, R. & Prasetyo, D. (2021). Membangun Brand Awareness melalui Rebranding di Era Digital. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 9(3),120-135. https://www.researchgate.net/profile/AdityaWardhana/publication/379311944_BRANDING_STRATEGY_DI_ERA_DIGITAL/links/6604171e390c214cfd14dafc/B RANDING-STRATEGY-DI-ERA-DIGITAL.pdf

Dinda Rahma Juwita, A. N. (2022). Peluang dan Tantangan Digitalisasi UMKM Terhadap Pelaku . Jurnal Inovasi Teknik dan Edukasi Teknologi, 249-255 https://www.researchgate.net/publication/372771882_Peluang_dan_Tantangan_Digitalisasi_UMKM_Terhadap_Pelaku_Ekonomi_di_Era_Society_50

Anindita, T. (2021). Rebranding dan Brand Awareness: Studi Kasus UMKM di Indonesia. Jurnal Bisnis dan Inovasi, 7(2), 135-148.

Harini, N., Suhariyanto, D., Indriyani, I., Novaria, N., Santoso, A., & Yuniarti, E. (2023). Pendampingan Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Perekonomian Desa. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 4(2), 363–375. https://doi.org/10.37680/amalee.v4i2.2834

Laurentinus, L., Rizan, O., Hamidah, H., & Sarwindah, S. (2021). Digitalisasi UMKM berbasis Retail melalui Program Hibah RISTEK-BRIN. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1) ,1. https://doi.org/10.35914/tomaega.v4i1.418

Sidin, C., & Indiarti, M. (2020). Pengaruh Jumlah Usaha Mikro Kecil Menengah Dan Jumlah Tenaga Kerja Umkm Terhadap Sumbangan Produk Domestik Bruto Umkm Periode Tahun 1997 –2016. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(2), 189. https://doi.org/10.33370/jmk.v16i2.366

Indriyani, Arioen, R., Santoso, A. B., & Sintani, L. (2023). Program Pengolahan Kreatif Jagung Pasca Panen sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Zaelani, I. R. (2019). Peningkatan Daya Saing Umkm Indonesia. Jurnal Transborder, 3(1), 15–34.

https://doi.org/10.23969/transborders.v3i1.1746 Hidayati, N. (2022). Strategi Rebranding dalam Peningkatan Brand Awareness di Era Digital. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(2), 115-130.

Mardiana, D. (2020). Peran Rebranding dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Era Digital. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(3), 199-210.

Downloads

Published

2025-11-26

How to Cite

Bastian , R. ., & Fauziah , S. . (2025). Strategi Rebranding Dalam Meningkatkan Brand Awareness di Era Digital Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kripik Tahu Crispy Rakhmad di Desa Jatirejo . Jurnal Sinabis, 1(1), 354–360. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/384

Issue

Section

Articles