Pelatihan dan Pendampingan Digitalisasi Usaha pada Pelaku UMKM di Desa Klurak, Sidoarjo

Authors

  • jsinabis
  • Visi Ari Pratiwi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Pendampingan, Digitalisasi, Bisnis, UMKM

Abstract

(UMKM) di era digital. Namun, banyak pelaku UMKM, khususnya di daerah pedesaan, masih menghadapi kendala dalam mengadopsi teknologi digital untuk pengembangan usaha mereka. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan digitalisasi usaha kepada pelaku UMKM di Desa Klurak, Sidoarjo, dengan fokus pada pelatihan dan pendampingan di bidang digital marketing. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan langsung kepada  masyarakat yang terkait. Materi yang diberikan  mencakup optimalisasi media sosial untuk pemasaran, teknik fotografi produk, dan pemanfaatan Google Maps dan WhatsApp Business. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan kemampuan peserta dalam menerapkan strategi digital marketing serta peningkatan awareness usaha. Kesimpulannya, program pendampingan ini efektif dalam meningkatkan kapabilitas digital marketing pelaku UMKM, yang berpotensi meningkatkan visibilitas online dan daya saing usaha mereka

References

Acep Samsudin, R. H. (2022). Pengaruh Strategi Digital marketing dalam Keputu-san Pembelian Produk Camille melalui Marketplace Shopee. Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707-1715.

Aisyah, S. &. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing pada Pelaku UMKM Guna Peningkatan Pendapatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 442-448.

Althafa Aurelya Mu’min, R. H. (2023). Pengembangan dan Pendampingan UMKM Melalui Digitalisasi Usaha Untuk UMKM Pawon Enak di Kelurahan Medokan Ayu. Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat), 79-82.

Idah, Y. M. (2020). trategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers “Pengembangan Sumber Daya Pedesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX,” 9(1), 195-204.

Iskandar Zulkarnain, T. (2020). Penerapana Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah Warga Depok Jaya. Dedikasi PKM UNPAM 1 (1), 96-102.

Lustono, &. C. (2020). Pengaruh Media Promosi Digital Atau Online dan Viral Marketing Terhadap Kepitusan Pembelian Pada Belanjadolo OnlineShop Di Kecamatan Banjarnegara. Jurnal Medikonis STIE Tamansiswa Banjarnegara, 20, 11-23.

Marpaung, A. P. (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada UMKM Melalui Digital Marketing . Prosiding Seminar Kewirausahaan, 294-300.

Muhammad Sendi, I. G. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Digitalisasi dalam Pemanfaatan Platform Digital pada Pelaku Usaha UMKM di Desa Salo Palai. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) , 1068-1077.

Nur Ahmas, A. A. (2022). Upaya Peningkatan Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Inovasi Desain Kemasan Dan Pemasaran Produk Di Kabupaten Karawang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 124.

Prayogi, A. &. (2022). Pendampingan Pengembangan Digitalisasi UMKM Masyarakat Desa Wonoyoso Pekalongan Menghadapi Era New Normal. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat, 14-24.

Purnawa, D. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1-17.

Purwana, D. R. (2017). Pemanfaatan Digital marketingBagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.

Putra, A. D. (2021). Pelatihan Digitalisasi UMKM dan Pembuatan Akun E-Commerce. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1-16. Riyanto, S. A. (2022). Pendampingan UMKM dalam Pengguna-an Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 137-142.

Rosiana Agussetyaningsih, A. I. (2023). Assistance In The Digitalization UMKM Of “Warung Ana” In Business DevelopmentEfforts In The Digital Era. Jurnal Inovasi dan Pengabdian Kaa Mieera (JIPKAM), 30-39.

Samsudin, A. N. (2023). nalisis Pengaruh Harga, Brand Image, dan Digital marketingTerhadap Keputusan Pembelian Pada Produk McDonald’s. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(4), 1155-1162.

Sugiarti, Y. S. (2020). Peranan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sambal di Jawa Timur. Jurnal Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298-309.

Sugiyono, P. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syafutra, W. R. (2022). Jurnal Pengabdian Pendidikan Maysarakat (JPPM). Jurnal Pengabdian Pendidikan Maysarakat (JPPM), 108-118.

Tanan, C. I. (2020). Pendampingan UMKM dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Guna Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Distrik Abepura Jayapura. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement,1(2), 173-185

Downloads

Published

2025-11-26

How to Cite

jsinabis, & Pratiwi , V. A. . (2025). Pelatihan dan Pendampingan Digitalisasi Usaha pada Pelaku UMKM di Desa Klurak, Sidoarjo . Jurnal Sinabis, 1(2), 641–647. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/385

Issue

Section

Articles