Optimalisasi Aplikasi JMO BPJS Ketenagakerjaan dalam Sistem Informasi Pembayaran Klaim Jaminan Hari Tua di Mojokerto
Keywords:
Optimalisasi, Aplikasi JMO, Klaim JHTAbstract
Jurnal ini membahas pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) dalam proses pembayaran klaim Jaminan Hari Tua (JHT) di Mojokerto. BPJS Ketenagakerjaan sebagai lembaga negara yang memiliki peran penting dalam memberikan perlindungan sosial bagi tenaga kerja. Meskipun aplikasi JMO telah diluncurkan untuk mempermudah akses layanan, implementasinya masih belum maksimal di beberapa daerah. Oleh karena itu, kegiatan ini meliputi edukasi, pelatihan dan penggunaan aplikasi JMO agar peserta BPJS dapat lebih memahami dan memanfaatkan fitur-fitur yang ada, sehingga proses klaim dapat dilakukan secara lebih cepat, efisien, dan transparan.
References
Aisyah, S., & Novianti, D. (2019). Analisis Penggunaan Aplikasi Bpjstk Mobile Pada Sistem Informasi Pemasaran Di Bpjs Ketenagakerjaan Cabang Langsa. Jurnal Gamma-Pi, 1(1), 4-7. https://ejurnalunsam.id/index.php/jgp/article/view/1717
Alfionita, M., & Gunawan, I. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kecamatan Jayanti. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 1-13. https://ejournal.lppmunbaja.ac.id/index.php/progress/article/view/761
Dewi, K. K., Kaniawulan, I., & Lestari, C. D. (2023). Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) Pada Appstore Menggunakan Metode Naive Bayes. Simtek: jurnal sistem informasi dan teknik komputer, 8(2), 333-338. https://ejournal.catursakti.ac.id/index.php/simtek/articl e/view/286
Fadilah Ritonga, I. (2023). Sistem Informasi Akuntansi Pembayaran Klaim Jaminan Hari Tua Pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Jambi (Doctoral dissertation, Universitas Jambi). https://repository.unja.ac.id/57164/
Hakiki, S. A. S., & Samsudin, A. (2024). Pemanfaatan Aplikasi JMO untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Program JHT di BPJS Ketenagakerjaan Karimunjawa Cabang Surabaya. Economics And Business Management Journal (EBMJ), 3(02), 174-181. https://www.ejournal- rmg.org/index.php/EBMJ/article/view/246
Hanifa, S. D., & Handayani, N. (2024). Penerapan Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) Pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bogor-Cileungsi. Jurnal Media Administrasi, 9(1), 105-115. https://repository.umj.ac.id/17177/
Irsyadi, A. R. Bab 1. Excellent Trough People and Digitalization. Transformasi, 1. http://repositori.stiamak.ac.id/id/eprint/439/1/Menuju%20Sukses%20Transformasi%20Digital_ISI%20edi%20pri.pdf#page=10
Lestari, I., & Hirawati, H. (2022). Analisis Sistem Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) Pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Cilacap. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 7(02). http://www.journal.uyr.ac.id/index.php/JAB/article/vie w/445
Muliyati, N. (2023). Dimensi yang Mempengaruhi Kesiapan Pegawai dalam Melakukan Digitalisasi Layanan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan pada Bpjs Ketenagakerjaan Cabang Makassar (Doctoral dissertation, Politeknik STIA LAN Makassar). https://eprints.stialanmakassar.ac.id/id/eprint/704/5/6.%20ABSTRACT.pdf
Purnamasari, N. I., Susilowati, E., & Kirana, N. W. I. (2023). Analisis Penerapan Sistem Akuntansi Klaim Jaminan Kecelakaan Kerja Dan Jaminan Kematian Pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Juanda. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(1), 872-883. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/COSTING/arti cle/view/6938
Putri, N. H. A., & Ikaningtyas, M. (2024). Efektivitas Jamsostek Mobile (JMO) Dalam Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) Pada Peserta BPJS Ketenagakerjaan Mojokerto. Economics And Business Management Journal (EBMJ), 3(02), 116-121.https://ejournalrmg.org/index.php/EBMJ/article/view/236
Salsabila, S. (2022). Analisis Sistem Klaim Jaminan Hari Tua Pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Medan Kota. Hudan Lin Naas: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(2), 99-106.). https://www.ejournal.unia.ac.id/index.php/hudanlinnaas/article/view/675
Salsya, H. H. (2024). Sistem Informasi Akuntansi Pembayaran Klaim Jaminan Hari Tua Pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ANDALAS). http://scholar.unand.ac.id/474569/
Samudera, M. F. D., & Pertiwi, V. I. (2022). Inovasi pelayanan publik melalui jamsostek mobile (JMO)(studi kasus di bpjs ketenagakerjaan cabang rungkut kota surabaya). JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 8(1), 152-172. https://scholar.archive.org/work/7usllyjzwjdx7jdkrnvccs72ce/access/wayback/http://jurnal.untagsby.ac.id/index.php/jpap/article/download/6617/4942
Sarah Dinda Hanifa, S. (2023). Penerapan Aplikasi Jamsostek Mobile (Jmo) Pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Bogor-Cileungsi (Doctoral dissertation, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta). https://repository.umj.ac.id/17177/
Ventia Irdanasari, R. (2021). “Analisis Sistem Informasi Akuntansi Ditinjau dari Prosedur Pembayaran Klaim Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian” Pada Bpjs Ketenagakerjaan Cabang Madiun (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo). http://eprints.umpo.ac.id/7236/
Wiharni, N. L. K. A., Sudiartha, I. K., & Astawa, I. (2023). Analisis Sistem Klaim Jaminan Hari Tua pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Denpasar (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Bali). http://repository.pnb.ac.id/10411/
Wiranda, A. D., & Fahlevi, I. (2022). Efektivitas Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) Dalam Proses Pencairan Jaminan Hari Tua (JHT) Kepada Peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Meulaboh. PREPOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), 2001-2008. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/prepotif/article/view/9719
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Latifah Rukmiati Ifnu Jafar , Budi Prabowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


