Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan UMKM Herbal KLM4 Surabaya

Authors

  • Herlina Suksmawati

Keywords:

Pemasaran Digital, UMKM, Kampung Lawas Maspati

Abstract

Kampung Lawas Maspati sendiri merupakan objek wisata dengan ragam potensi yang menarik untuk dikunjungi. Kampung yang bertempat di Jalan Maspati, Bubutan, Surabaya ini didesain dengan nuansa tematik. Dengan memberdayakan kreativitas masyarakatnya, kampung ini berhasil menyuguhkan berbagai fasilitas, mulai dari taman baca, edukasi pembuatan cincau, pusat kuliner, hingga urban farming bagi para pengunjung. UMKM Kampung Lawas merupakan UMKM asli surabaya yang memiliki potensi pasar yang tinggi dan tengah berkembang. Di Kampung Lawas Maspati ada beberapa tanaman herbal yang bisa diolah , salah satunya belimbing dan tumbuhan yang lainnya. Akhirnya di daerah tersebut difokuskan untuk memproduksi produk unggulan mereka dari tanaman herbal tersebut. Di UMKM ini sendiri juga mempunyai visi yaitu menjadi perusahaan minuman sehat bermutu yang mampu memberikan solusi dalam upaya meningkatkan imun tubuh dan meringankan gejala penyakit dengan memanfaatkan rempah rempah pilihan.Pendampingan ini dilakukan agar UMKM Kampung Lawas bisa mencapai segmentasi pasarnya secara maksimal dan juga meluaskan pemasaran dan penjualan KLM 4 itu sendiri. Permasalahan yang terjadi di UMKM ini adalah produk Herbal KLM 4 ini penjualannya tinggi ketika hanya mengikuti pameran produk yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya. Oleh karena itu dibutuhkan pemasaran secara digital agar pemasaran produk bisa tinggi secara kontinue dan berkelanjutan, dan hasil dari pendampingan ini adalah ada peningkatan penjualan produk melalui media sosial mempunyai konsumen yang loyal.

References

Arianto B. Pengembangan UMKM digital di masa pandemi covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal) 2020;6(2):233–247.

Febriyantoro MT, Arisandi D. Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara 2018;1(2):61–76.

Haryanti DM, Hidayah I. Potret UMKM Indonesia: Si Kecil yang Berperan Besar. UMKM INDONESIA 2018;.

Hidayatullah A. 2011. Analisis Keuntungan Usaha Kerajinan Anyaman Eceng Gondok Di Kecamatan Amuntai Selatan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Ziraa’ah. 32 (3): 315- 325.

J. Silas, “Kampung Surabaya Menuju Metropolitan,” Yayasan Keluarga Bhakto dan Surabaya Post, 1996.

Utami BSA. Dampak pandemi covid 19 terhadap sektor UMKM di Indonesia. Economie: Jurnal Ilmu Ekonomi 2021;3(1):1–7.

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Suksmawati, H. (2025). Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan UMKM Herbal KLM4 Surabaya. Jurnal Sinabis, 1(1), 23–32. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/56

Issue

Section

Articles