Pengembangan Kemasan Produk UMKM Galengdowo: Dari Desa ke Pasar

Authors

  • Maria Helena Putri Madyoratri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Indah Respati Kusuma Sari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

desain kemasan, branding, strategi marketing, UMKM

Abstract

Salah satu desa di kabupaten Jombang dan kecamatan Wonosalam yang terkenal dengan penghasil susu ini memiliki potensi UMKM yang besar. Desa itu adalah Desa Galengdowo yang masih sangat asri dan indah, karena desa ini berada di pegunungan. Namun sayangnya potensi UMKM di desa ini belum dimanfaatkan dengan maksimal, dikarenakan kurangnya perhatian para pelaku usaha dibidang branding dan pemasaran produk, khususnya pada kemasan dan pelabelan produk. Setelah kami melakukan beberapa survey dengan pelaku UMKM di desa Galengdowo ini, kami memutuskan untuk menetapkan salah satu pelaki UMKM yaitu Mutiara Pangan sebagai mitra kami. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi secara nyata bagi mitra kami. Dengan melakukan analisis secara mendalam terhadap kondisi internal dan eksternal perusahaan diharapkan menjadi rekomendasi yang strategis untuk dapat diimplementasikan oleh UMKM MMutiara Pangan untuk meningkatka kinerja bisnisnya. Pelatihan ini berbentuk keterampilan membuat desain kemasan yang lebih baik dan terperinci sesuai denga nisi dari produk itu. Desain kemasan yang menarik serta informatif ini diharapkan dapat menjadi daya Tarik bagi produk, memperluas dan menambah jangkauan pasar, dan guna meningkatkan pendapatan UMKM ini.

References

Az-zahra, Qonita. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Door To Door Pada Lembaga Keuangan Syariah Dalam Pencarian Anggota Baru (Studi Kasus BMT Kube Colomadu Sejahtera). https://eprints.ums.ac.id/83330/12/naskah%20publikasi-Upload.pdf

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

Kusnandar, H., & Adi, R. K., Qonita, Rr., Aulia, K., Riptanti, E. W., & Setyowati, N. (2021). Perbaikan Kemasan Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Produk Ukm Murni Snack. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4 (2). 320-327. https://jurnal.unpad.ac.id/kumawula/article/view/34958/pdf

Sufaidah, S., Munawwarah, Aminah N., Ayu Prasasti, M., & Oktavianti, D. (2022). Pengembangan Kualitas Produk UMKM Melalui Inovasi Kemasan dan Digital Marketing. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 152–156. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/3195/1493

Suryani, E. (2018). Strategi Pemasaran Efektif untuk Meningkatkan Penjualan UMKM. Jurnal Kajian Manajemen, 16(2), 221-232.).

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Madyoratri, M. H. P., & Sari, I. R. K. (2025). Pengembangan Kemasan Produk UMKM Galengdowo: Dari Desa ke Pasar. Jurnal Sinabis, 1(1), 46–58. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/59

Issue

Section

Articles