Penggunaan Digitalisasi Sebagai Strategi Pemasaran untuk UMKM
Keywords:
Digitalisasi, Strategi Pemasaran, UMKM, E-commerce, Media SosialAbstract
Artikel ini bertujuan untuk membahas bagaimana digitalisasi dapat menjadi strategi pemasaran yang efektif bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Digitalisasi telah membawa perubahan besar dalam dunia bisnis, terutama dalam cara UMKM memasarkan produk dan layanannya. Dengan memanfaatkan berbagai platform digital seperti media sosial, e- commerce, dan website, UMKM memiliki peluang untuk meningkatkan daya saing, memperluas pasar, serta meningkatkan efisiensi operasional. Artikel ini juga akan mengeksplorasi tantangan yang dihadapi UMKM dalam mengadopsi digitalisasi serta memberikan rekomendasi untuk memaksimalkan potensi strategi pemasaran digital.
References
Adam, A., Worang, F., Wenas, R., Adam, A. A., Worang, F. G., Wenas, R. S. (2022). Digital Marketing Melalui Sosial Media Sebagai Strategy Pemasaran Umkm Di Kota Tomohon. 10(2), 1187–1194.
Dhea Amelia Putri Kamila, Roziana Febrianita, & Vannia Angelita Yuniar Putri. (2023). Strategi Pengembangan UMKM Melalui Pelatihan Branding Dan Digital Marketing Dalam Peningkatan Pemasaran Produk Di RW 09 Kelurahan Menur Pumpungan. SEWAGATI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 91–105. https://doi.org/10.56910/sewagati.v2i3.799
Firman, A. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen. Jesya, 5(2), 1549–1562. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.773
Hamzah, R. E., Citra, D., & Putri, E. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing oleh Pelaku UMKM di Kuningan Barat, Jakarta Selatan. In Jurnal Pustaka Dianmas (Vol. 1, Issue 1).
Marjiatul Maghfiroh, & Nur Rahmawati. (2024). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Serta Membangun Brand Awareness pada UMKM Rengginang GR Wedoro. Jurnal Nusantara Berbakti, 2(1), 153–166.
Robby Aditya, & R Yuniardi Rusdianto. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386
Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., Latifah, R. N., Program, S., Manajemen, F., Ekonomi, D., Bisnis, U., Pamulang, K. T., Selatan, P., & Banten, I. (2024). MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production E-Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Mudrika Aqillah Sifwah, 2(1).
Sulaeman, A., & Bramasta, D. (2023). Pemberdayaan Masyarakat dengan Pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA). Jurnal Literasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 87–96.
Teguh Saputra, H., Maryatul Rif, F., & Andrianto, B. (2023). PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM. In Journal Economy Management Business and Entrepreneur: Vol. I.
Vania Regita Lailia, & Jojok Dwiridotjahjono. (2023). Penerapan Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Arunazma. Jurnal of Management and Social Sciences, 1(2), 01–10. https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i2.161
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amalia Aisyah Putri, R Yuniardi Rusdianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


