Strategi Branding dan Pemasaran dalam Program Fasilitator BTPN untuk Pertumbuhan dan Pengembangan UMKM Daerah

Authors

  • Alpiero Joeval Isabilillah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Lia Nirawati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Branding, Pemasaran, Program Fasilitator, Bank BTPN Syariah

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi strategi branding dan pemasaran dalam Program Fasilitator BTPN untuk mendukung pertumbuhan dan pengembangan UMKM di daerah, khususnya di Jombang, Jawa Timur. Program ini dirancang untuk membantu pelaku UMKM dalam membangun citra merek yang kuat dan menjalankan strategi pemasaran yang efektif guna meningkatkan visibilitas produk dan jasa mereka. Melalui pendampingan yang mencakup analisis kelayakan bisnis, penyusunan Business Model Canvas (BMC), branding, dan perizinan usaha, program ini berhasil meningkatkan kesadaran merek dan efektivitas strategi pemasaran UMKM. Studi ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan fokus pada UMKM Jajanan Bu Yeni di Jombang, yang menunjukkan peningkatan dalam pengelolaan identitas merek, kualitas produk, layanan, serta akses pasar. Selain itu, pendampingan dalam proses perizinan usaha juga menjadi salah satu fokus program. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program fasilitator BTPN memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan UMKM daerah, dengan dampak positif pada pertumbuhan pendapatan dan keberlanjutan usaha mereka.

References

Isabilillah, Alpiero Joeval, Lia Nirawati (2023). Pemanfaatan Fasilitator BTPN Untuk Meningkatkan Pendapatan Nasabah Dalam Berwirausaha. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 2(4), 58-68.

Alfiansyah, R., Pamungkas, R. A., Rosmaningsih, D. E., Swadaya, U., & Jati, G. (2023). Musyawarah: Edukasi Pemasaran Produk Umkm Melalui Strategi Product Branding. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 7. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/musyawarah/

Asri, D. P. B. (2018). Pengembangan industri kreatif UMKM asal Yogyakarta melalui pendaftaran “Jogja Co-Branding.” Kosmik Hukum, 18(2), 1–15.

Badruddin, H., Ilyas, J., & Sulistiadi, W. (2022). Strategi Branding Dalam Pemasaran Di Rumah Sakit : LITERATURE REVIEW. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(2), 229–232. https://doi.org/10.14710/jkm.v10i2.32774

Boer, K. M., Wibowo, S. E., & Arsyad, A. W. (2019). Edukasi pemasaran dan branding dalam meningkatkan skill kewirausahaan. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 1(1), 38. https://doi.org/10.30872/plakat.v1i1.2693

Diana Novita, Susi Widayati, Diyah Rury Irawati, Kokoy Rokoyah, & Melani Dewi Lusita. (2022). Strategi Digital Branding Yang Efektif Untuk Umkm Menggunakan Tiktok. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 3507–3512. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i1.2243

Fauzi, U. I. (2021). Pengaruh Branding Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pemilihan Wedding Organizer Syariah. Youth & Islamic Economic Journal, 2(1), 42– 47. https://jurnalhamfara.ac.id/index.php/yie/article/view/74 Fitroni, M. A., & Samsudin, A. (2023). Pelaksanaan Digitalisasi Usaha Untuk Pertumbuhan Dan Pengembangan UMKM Daerah Bersama PT. Narasumber Teknologi Indonesia. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian, 1(3). https://pbsi- upr.id/index.php/Faedah/article/view/258

Hasani Imam, & Kurniawati Hartin. (2024). Strategi Pemasaran dan Branding dalam Wirausaha Kopi Botol. MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 2(4), 12–25. https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v2i4.975

Hastiningsih, W. T., Sari, A. A., Junaedi, J., & Prastowo, I. (2021). Pendampingan Re-Branding Umkm Gitar Sebagai Bentuk Peningkatan Kinerja Pemasaran. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 131–139. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i1.939

Hendayani Ratih, D. (2024). Pelatihan Pemasaran Digital dan Branding sebagai Upaya untuk Meningkatkan Penjualan Produk Usaha di Desa Pulosari. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 4(2), 359–366. file:///C:/Users/Office/Downloads/jamsi-558-id1098- hendayani-359-366.pdf

Hermawan, E. (2019). Strategi Kementerian Pariwisata Indonesia Dalam Meningkatkan Branding Wisata Halal. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 7(2), 87–95.

Jayengsari, R. (2021). Branding Dalam Strategi Marketing Keripik Pisang Pada Pelaku Usaha Rumahan. Journal of Empowerment, 2(1), 111–124. https://doi.org/10.35194/je.v2i1.1232

Makhasi, G. Y. M. ; S. S. dewi L. (2017). Strategi Branding Pariwisata Indonesia Untuk Pemasaran Mancanegara. Jurnal Komunikasi, 2(2), 31–41.

Moleong. (2005). Data primer, yaitu data yang diperoleh dari hasil wawancara secara dan pengamatan secara mendalam kepada para informannya. Metode Penelitian Kualitatif, 48–61.

Muhammad, S. A., Winarno, A., & Hermawan, A. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Minat Beli Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Produk Green Bean Kopi. Jurnal Graha Pengabdian, 3(4), 369. https://doi.org/10.17977/um078v3i42021p369-376

Nugraha, E. S., & Andarini, S. (2023). Optimalisasi Branding UMKM Mikasi Drink Dengan Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(4), 294–300. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/NJPC/ article/view/570%0Ahttps://jurnal.penerbitdaarulhuda.m y.id/index.php/NJPC/article/viewFile/570/599

Priansa Donni Juni. (2017). Komunikasi pemasaran terpadu pada era media sosial. Pustaka Setia.

Razak, J., & Novianti, E. (2022). Konsep Branding Wisata Berbasis Pemasaran Digital Di Desa Sirnajaya, Kabupaten Bogor. Jurnal Pariwisata, 9(1), 1–13. https://doi.org/10.31294/par.v9i1.11803

Rizaldi, T., & Putranto, H. A. (2018). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Marketing dan Branding Pada UMKM. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 56–59.

Saifulloh, M. (2021). Branding Product Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Kuningan Barat Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 28–33. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/dianmas

Setiawati, S. D., Retnasari, M., & Diny Fitriawati. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 125–136.

Sugiarto, C. (2019). Pelatihan Branding Sebagai upaya Meningkatkan Efektivitas Pemasaran Nugget Lele Desa Mojogedang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 8(2), 1–5. https://doi.org/10.20961/semar.v8i2.40203

Waqfin, M. S. I., Komari, M., Andriani, R., & Muhibuddin, A. (2021). Strategi Branding untuk Membangun Identitas Brand dalam Meningkatkan Pemasaran di Desa Bandarkedungmulyo Jombang. Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–5.

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Isabilillah, A. J., & Nirawati, L. (2025). Strategi Branding dan Pemasaran dalam Program Fasilitator BTPN untuk Pertumbuhan dan Pengembangan UMKM Daerah. Jurnal Sinabis, 1(1), 100–109. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/66

Issue

Section

Articles