Pemberdayaan UMKM dalam Meningkatkan Nilai Jual Produk dan Teknologi Tepat Guna pada Masyarakat Semolowaru, Surabaya
Keywords:
UMKM, Perkembangan Usaha, Digitalisasi BrandingAbstract
Salah satu sektor yang menjadi bagian dari pilar utama ekonomi Indonesia adalah sektor UMKM. berdasarkan data tahun 2021 kementerian Koperasi Dan Usaha Kecil dan Menengah (Kementerian KUKM), Dari data yang ada bisa disimpulkan bahwa para pelaku UMKM memiliki potensi yang besar untuk menyumbang pendapatan negara. Selain itu dengan jumlah pelaku UMKM yang banyak menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara dengan basis ekonomi nasional yang kuat, dan dengan daya serap tenaga kerja yang tinggi. Pengembangan Usaha Mikro,Kecil, dan Menengah ( UMKM) memainkan peran krisual dalam perekonomian suatu negara. Sebagai tulang punggung ekonomi, UMKM menyumbang sebagian besar lapangan kerja dan memberikan kontibusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, pengurangan kemiskinan, dan pemerataan pendapatanKelurahan Semolowaru merupakan salah satu wilayah yang memiliki jumlah UMKM yang aktif terbanyak di Kota Surabaya, yaitu dengan jumlah 77 UMKM yang bergerak dalam bidang fashion, hand craft, makanan dan minuman. Hal tersebut menjadi potensi yang besar untuk dikembangkan menjadi UMKM yang bergerak secara digital. Melalui digitalisasi, UMKM dapat menjadi dikenal masyarakat luas dan berpotensi meningkatkan minat konsumen dengan cepat.
References
Fauzi, U. I. (2021). Pengaruh Branding Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pemilihan Wedding Organizer Syariah. Youth & Islamic Economic Journal, 2(1), 42–47. https://jurnalhamfara.ac.id/index.php/yie/article/view/74
Khalil, I., Saggaff Shihab, M., & Hammad, H. (2023). Pengaruh Konten dan Copywriting Instagram Terhadap Brand Awareness dan Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 13(3), 307–317. https://doi.org/10.52643/jam.v13i3.3483
Nabut, B. P., & Sinabutar, R. (2021). Pemberdayaan Umkmdalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Di Kabupaten Gowa. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 494–512.
Purnomo, N. (2021). Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 376–381. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i3.11307
Sari, W. P., Sholihah, Z., & Masali, F. (2023). Digital Branding Umkm Melalui Komunikasi Visual. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 129–134. https://doi.org/10.26740/abdi.v8i2.15923
Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Retnasari, M. (2019). Penerapan Digital branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Sosial & Abdimas, 1(1), 11–18.
Wibowo, A. (2021). BRANDING DIGITAL (Merek Digital). In Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik. https://penerbit.stekom.ac.id/index.php/yayasanpat/article/view/97%0Ahttps://penerbit.stekom.ac.id/index.php/yayasanpat/article/download/97/135
Zulha, I. Z. N. A. (2019). Penerapan Teknologi Tepat Guna Untuk Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat Dan Lingkungan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 2(2), 118. https://doi.org/10.31764/jmm.v0i0.1354
Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39
Karsono, K., Purwanto, P., & Salman, A. M. Bin. (2021). Strategi Branding Dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 869–880. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i2.2649
Permana, S. H. (2017). Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Indonesia. Aspirasi, 8(1), 93–103. http://news.detik.com/
Putra, Y., Santoso, P. Y., & Adhypoetro, R. R. (2021). Branding Produk Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cyber PR, 1(1), 11–21. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/cyberpr/article/view/1415
Rochmawati, D. R., Hatimatunnisani, H., Veranita, M., & Pajajaran, P. (2023). Mengembangkan Strategi Bisnis di Era Transformasi Digital. COOPETITION: Jurnal Ilmiah Manajemen, 14(1), 101–108. https://doi.org/10.32670/coopetition.v14i1.3076
Suci, Y. R. (2008). Perkembangan Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Di Indonesia. UU No. 20 Tahun 2008, 1, 1–31.
Suyadi, & Syahdanur. (2018). Analisis pengembangan usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Bengkalis Riau. Jurnal Ekonomi KIAT, 29(1), 1–10.
Angellia, F., & Firmansyah, B. (2022). Analisis Pengembangan Strategi Umkm Berbasis Digital Untuk Membangun Mental Technopreneur. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(1), 259–273. https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i1.1466
Arfan, N., & Ali Hasan, H. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 6(2), 212–224.
Fadilah, A., Syahidah, A. nur’azmi, Risqiana, A., Nurmaulida, A. sofa, Masfupah, D. D., & Arumsari, C. (2021). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 892–896. https://doi.org/10.31949/jb.v2i4.1525
Hakim, M., & Rahayu, S. R. (2022). Pengaruh Direct Marketing Dan Digital Marketing, Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Usaha Spare Part Pada Cikal Motor Bandar Lampung). Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI, 2(3), 689–696. https://doi.org/10.24127/diversifikasi.v2i3.1250
Idayu, R., Husni, M., & Suhandi, S. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(1), 73. https://doi.org/10.35906/jm001.v7i1.729
Tarigan, A. A. (2022). Peran Copywriting Media Sosial Dalam Meningkatkan. 2, 1–10. e/view/4864/2942
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Hafizh Naulir Ridho, Ety Dwi Susanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


