Implementasi Digital Marketing untuk Membangun Brand Awareness pada UMKM di Kelurahan Menur Pumpungan Surabaya
Keywords:
Pemasaran Digital, UMKM, Kesadaran MerkAbstract
Transformasi digital saat ini telah mengubah kondisi bisnis, termasuk bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Menur Pumpungan, Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness melalui implementasi digital marketing. Program pengabdian masyarakat oleh kelompok 3 Kuliah Kerja Nyata UPN "Veteran" Jawa Timur dilakukan dari 24 Juli hingga 7 Agustus 2024, dengan metode deskriptif kualitatif. Melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, ditemukan bahwa banyak pelaku UMKM di kawasan tersebut, terutama yang berusia di atas 50 tahun, kurang familiar dengan teknologi digital, sehingga menghambat daya saing mereka. Oleh karena itu, program ini mencakup sosialisasi pentingnya digital marketing, pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB), registrasi lokasi usaha di Google Maps, serta pembuatan media sosial, logo, dan banner. Hasilnya menunjukkan bahwa program ini mendapat respon positif dari masyarakat dan berhasil meningkatkan pemahaman pelaku UMKM tentang digital marketing, dengan tingkat keberhasilan mencapai 95%. Diharapkan, program ini dapat berkontribusi pada peningkatan ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat di era digital.
References
Adirinekso, G. P., Judijanto, L., Erwin, & Arifin, Y. (2024). BISNIS DAN EKONOMI DIGITAL (Sebuah Transformasi Ekonomi yang Dipengaruhi Dunia Digital). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia. Dorong UMKM Naik Kelas dan Go Export, Pemerintah Siapkan Ekosistem Pembiayaan yang Terintegrasi. (2023, August 24). Diambil kembali dari KEMENTERIAN KOORDINATOR BIDANG PEREKONOMIAN REPUBLIK INDONESIA: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/5318/dorong-umkm-naik-kelas-dan-go-export-pemerintah- siapkan-ekosistem-pembiayaan-yang-terintegrasi
Andhitya, B., & Purnomo, Z. (2021). Pengaruh Ekonomi Digital Terhadap Pendapatan Industri Mikro dan Kecil di Indonesia. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri.
Ardani, W. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1): 40-4.
R. et.al,. (2024). Pemberdayaan UMKM Melalui Pendampingan Pembuatan NIB di Kabupaten Lumajang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1-10.
Fadhilah, M., Wati, S. K., & Widodo, E. K. (2024). Penerapan Digital Marketing pada UMKM Batik Sembung di Kulonprogo . Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 802-809.
Fahlefi, D. R., & Indriastuti, A. (2019). PENGARUH KESADARAN MERK, PERSEPSI KUALITAS, DAN LOYALITAS MERKTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE VIVO PADA ANGKASA CELL DI KABUPATEN BLORA. Jurnal STIE SEMARANG, 38-51.
Farisi, S. A., Suharto , & Fasa, M. I. (2022). PERAN UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 73-84.
Harya, G. I., Fadil, C., & Kusumastuti, E. (2023). Penguatan Skill Berwirausaha UMKM dengan Implementasi Strategi Pemasaran Digital Melalui Social Media di Kelurahan Kepanjen Kidul Kota Blitar. Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(9), 84–92. https://doi.org/10.5281/zenodo.10440678
Karim, K., Yunus, S., Jibril Tajibu, M., Saing, D., (2023). Kerakyatan, ekonomi, & Usaha Mikro Kecil dan Menengah, strategi. Bisma: Jurnal Bisnis dan Manajemen Model Strategi Peningkatan Daya Saing Produk Berbasis Ekonomi Kerakyatan Dan Pancasila Pada Umkm Teh Kelor Kata Kunci. 17(2), 149–161. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BISMA
Khasanah. (2023). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Demagogi Journal of Social Sciences, Economics and Education, 11-18.
Lindawati, S., & Hendri, M. (2016). Penggunaan Metode Deskriptif Kualitatif Untuk Analisis Strategi Pengembangan Kepariwisataan Kota Sibolga Provinsi Sumatera Utara. Seminar Nasional Aptikom: Lombok.
Murhadi, W. R., & Reski, E. C. (2022). PENGARUH E- SERVICE QUALITY, KESADARAN MEREK,KEPERCAYAAN, WORD OF MOUTH, DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA TIKTOK SHOP (STUDI PADA PELANGGAN TIKTOK SHOP). Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 229-240.
Nabawi, F. R., Nandang, & Yusuf, I. (2024). Pengaruh Jingle Iklan Versi “Shopee COD” Terhadap Brand Awareness Shopee Indonesia. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 760-767.
Nadya. (2016). Peran Digital Marketing Dalam Eksistensi Bisnis Kuliner Seblak Jeletet Murni. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(2): 133–.
Octorians yah, D. M. (2022). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Digital dalam Membentuk Kesadaran Merk dan Keputusan Membeli Produk Dealjava di Kota Medan. Jurnal KomunikA, 45-52.
Pandiangan, S. M., Sintesa, N., & Abdulghani, T. (2024). PENGANTAR BISNIS. Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri .
Riyani, E. I., Tantri, S. N., & Hardiana, N. (2024). Pengembangan Bisnis UMKM melalui Perolehan Nomor Induk Bisnis dan Keikutsertaan dalam Pameran UMKM di Kecamatan Ciledug. Jurnal Abdimas (Journal of Community Service): Sasambo, 426-432.
Sitorus, S. A., Romli, N. A., & Pua, C. P. (2020). BRAND MARKETING: THE ART OF BRANDING. Bandung: CV. MEDIA SAINS INDONESIA.
Teja, Y., & Firdausy, C. M. (2023). Pengaruh citra merek, kesadaran merek, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk pakaian UNIQLO di Jakarta. JURNAL MANAJEMEN BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN, 1010-1021.
Yascya, M. N., & Widyowati, W. (2024). PELATIHAN PENYUSUNAN KONTEN MEDIA SOSIAL BAGI PEMUDA DESA UNTUK PROMOSI WISATA DESAWONOKITRI. Jurnal JP2N, 114-121.
Yudha, T. S., Amalia, R., Rizkiyati, N., & Ramadhana, M. S. (2024). Membangun Branding UMKM Minuman Herbal dengan Pembuatan Identitas Visual di Gunung Anyar, Surabaya. JURAI: Jurnal ABDIMAS Indonesia, 2(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Stephanie Zefanya S, Sonja Andarini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


