Optimalisasi Digital Marketing dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia pada UMKM Desa Sarirogo

Authors

  • Marselia Bilqis Rafifah Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Acep Samsudin Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Digital Marketing, Pengembangan SDM, UMKM, Desa Sarirogo, Optimalisasi

Abstract

Pengabdian ini dilaksanakan dengan waktu 2 minggu (14 hari) di Desa Sarirogo, Sidoarjo. Kegiatan ini bertujuan untuk menganalisis dan mengoptimalkan penggunaan digital marketing dalam konteks pengembangan sumber daya manusia pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Sarirogo. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Informasi dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan pelaku UMKM. Sampel penelitian terdiri dari 3 UMKM di Desa Sarirogo. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa implementasi digital marketing pada UMKM Desa Sarirogo masih belum optimal karena keterbatasan pengetahuan dan keterampilan SDM. Pelaksanaan ini memberikan kontribusi dalam bentuk model pengembangan SDM berbasis digital marketing berupa pembuatan Google Maps, Pembuatan Pamflet dan Sosial Media untuk media promosi, dan juga Pembuatan NIB yang dapat diaplikasikan pada UMKM di Desa Sarirogo.

References

Ahmad, T. (2020). Digital Transformation in Traditional Retail Businesses: Opportunities and Challenges. Journal of Business and Management, 12(3), 45-58.

Alamsyah, D., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Perilaku Konsumen di Pasar Tradisional dan Modern. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(1), 33-42.

Anggraeni, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Store Atmosphere terhadap Loyalitas Konsumen di Pasar Tradisional. Jurnal Pemasaran Indonesia, 13(2), 77-89.

Dewi, S. (2021). Membangun Keunggulan Kompetitif di Pasar Tradisional melalui Transformasi Digital. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 19(4), 123-136.

Fauzan, R., & Nugroho, A. (2019). Personal Selling sebagai Strategi Penjualan di Era Digital pada Bisnis Tradisional. Jurnal Bisnis dan Pemasaran, 14(2), 15-28.

Hakim, F. (2020). Analisis Pengaruh Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Journal of Consumer Research, 8(1), 101-110.

Hidayat, A., & Suryani, L. (2021). The Role of Digital Platforms in Enhancing Personal Selling in Traditional Markets. International Journal of Business and Economics, 17(3), 221-234.

Idris, M. (2023). The Effect of Digital Adoption on the Competitive Advantage of Traditional Businesses in Indonesia. Journal of Business Strategy, 21(1), 89-100.

Kusuma, Y., & Pratama, S. (2019). Pengaruh Personal Selling dan Promosi Digital terhadap Impulse Buying Konsumen di Pasar Tradisional. Jurnal Ekonomi Manajemen, 11(3), 62-74.

Lestari, R. (2020). Transformasi Digital dan Pengaruhnya Terhadap Penjualan Impulsif di Pasar Tradisional. Jurnal Pemasaran dan Manajemen, 7(2), 34-46.

Mahmud, A., & Syafrina, R. (2019). Store Atmosphere as a Key to Consumer Attraction in Traditional Retail. Journal of Retail and Consumer Services, 5(4), 42-55.

Marlina, Y., & Irawan, H. (2021). Impact of Digital Marketing and Store Atmosphere on Consumer Behavior in Traditional Markets. Journal of Applied Business Research, 19(1), 97-109.

Nugraha, B. (2022). Pengaruh Personal Selling Terhadap Peningkatan Daya Saing Pasar Tradisional di Era Digital. Jurnal Manajemen Pemasaran Indonesia, 11(3), 56-69.

Purnomo, S. (2021). Impulse Buying Behavior in Traditional Markets: The Role of Atmosphere and Personal Selling. International Journal of Marketing Studies, 10(2), 89-100.

Rahman, F., & Santoso, T. (2020). Adopsi Teknologi Digital dalam Transformasi Pasar Tradisional: Studi Kasus Pasar di Jawa Timur. Jurnal Transformasi Bisnis, 16(4), 45-59.

Saputra, R. (2021). Strategi Personal Selling di Pasar Tradisional untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 12(2), 77-89.

Setiawan, A. (2022). Peran Store Atmosphere dalam Mendorong Impulse Buying Konsumen di Pasar Tradisional. Jurnal Pemasaran Digital, 5(3), 28-39.

Siahaan, M. (2023). Adopsi Teknologi Digital di Sektor Ritel Tradisional dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 14(1), 33-47.

Supriyadi, A. (2021). Pengaruh Atmosfir Toko dan Promosi Penjualan Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 9(4), 22-35.

Yuliana, M. (2020). Transformasi Digital di Pasar Tradisional: Tantangan dan Peluang untuk Daya Saing. Journal of Digital Business Innovation, 15(2), 48-63

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Rafifah, M. B., & Samsudin, A. (2025). Optimalisasi Digital Marketing dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia pada UMKM Desa Sarirogo. Jurnal Sinabis, 1(1), 173–180. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/83

Issue

Section

Articles