Strategi Inovasi Digitalisasi dalam Mengembangkan Kualitas Pelayanan dengan Menyikapi Keunggulan Kompetitif pada Bengkel AHASS Suramadu Motor
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Inovasi Digital, Strategi Pelayanan, Digitalisasi, Pengalaman PelangganAbstract
Dalam era persaingan industri otomotif yang semakin ketat, kualitas pelayanan menjadi faktor kunci dalam mempertahankan loyalitas pelanggan dan menciptakan keunggulan kompetitif berkelanjutan. Penelitian ini berfokus pada Bengkel AHASS Suramadu Motor, yang menghadapi tantangan untuk meningkatkan kualitas pelayanan melalui penerapan inovasi digital. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan digitalisasi dalam sistem operasional, seperti pengelolaan antrian, diagnosa kendaraan, dan pengendalian kualitas, dapat meningkatkan efisiensi dan transparansi layanan. Selain itu, strategi inovasi digital seperti sistem ticketing, pelatihan daring untuk pegawai, dan penggunaan chatbot AI dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dan memperkuat posisi bengkel di pasar otomotif. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi Bengkel AHASS Suramadu Motor untuk terus beradaptasi dengan perubahan teknologi guna memenuhi tuntutan pelanggan yang semakin tinggi.
References
Akyuwen, R. (2020). Lebih mengenal digital banking manfaat, peluang dan tantangan (P. Purwitorosari, Ed.; 1st ed.). Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.
Ardianto, R., Ramdhani, R. F., Dewi, L. O. A., Prabowo, A., Saputri, Y. W., Lestari, A. S., & Hadi, N. (2024). Transformasi digital dan antisipasi perubahan ekonomi global dalam dunia perbankan. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2 (1), 80–88.
Bank Indonesia. (2019). Blueprint sistem pembayaran Indonesia 2025 - Menavigasi sistem pembayaran nasional di era digital . Bank Indonesia: Bank Sentral Republik Indonesia.
Bank Indonesia. (2022). Sistem kliring Bank Indonesia (Vol. 01). Retrieved from https://www.bi.go.id
Direktorat Pembinaan SMK. (2013). Dasardasar perbankan . Koordinasi K. P. dan Kebudayaan (Ed.), Direktorat Pembinaan SMK.
Ebuete, A. W., Berezi, O. K., Ndiwari, L. E., & Isiya, S. (2020). A visual guide to the economic impact. DA: 3 April, 8(5).
Hakim, L., & Hapsari, R. A. (2022). Buku ajar hukum teknologi keuangan (Kodri, Ed.). Umsida Press (1st ed.). CV. Adanu Abimata.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bintang Gymnastiar, Lia Nirawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


