Peranan Faktor Kebiasaan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Niat untuk Terus Menggunakan Produk Fintech E-Wallet

Authors

  • Tri Agusnia Wati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nurhadi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

kepercayaan, kebiasaan, niat menggunakan ulang, e-wallet, fintech

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan dan kebiasaan konsumen terhadap niat untuk terus menggunakan produk fintech e-wallet. Layanan e-wallet telah menjadi salah satu inovasi penting dalam bidang teknologi keuangan, yang menawarkan kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi secara digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan, mengumpulkan data dari berbagai literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan konsumen, yang mencakup persepsi keamanan dan kualitas layanan, berpengaruh signifikan terhadap niat untuk menggunakan kembali e-wallet. Selain itu, kebiasaan yang terbentuk dari penggunaan rutin e-wallet juga memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan loyalitas pengguna. Kedua faktor ini, kepercayaan dan kebiasaan, merupakan elemen kunci yang mendorong konsumen untuk terus menggunakan produk fintech e-wallet dalam jangka panjang. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi penyedia layanan fintech untuk meningkatkan keamanan, privasi, dan pengalaman pengguna guna mempertahankan retensi konsumen di pasar yang semakin kompetitif.

References

Abrilia, N. D., & Tri, S. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 1006–1012.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974– 980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Auralia, Y., Manggabarani, A. S., & Wahyudi, W. (2022). Analisis Minat Penggunaan Ulang pada Dompet Digital Shopeepay di Masa Pandemi Covid-19. Studi Ilmu Manajemen Dan Organisasi, 1(2), 137– 152. https://doi.org/10.35912/simo.v1i2.916

Azzahra, S., & Supriyadi, A. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana Sebagai Sistem Pembayaran (Studi Kasus Mahasiswa Di Jakarta). Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 1–14.

Damanik, M. A. A., Fauzi, A., & Situmorang, S. H. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Enjoyment dan Kepercayaan Terhadap Continuance Intention Melalui Kepuasan Pada Generasi Millenial Pengguna E-Wallet di Kota Medan. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(4), 827–834. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i4.1475

Della Angelina Simanjuntak, P. (2023). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan dan Kebiasaan Terhadap Pengguna E-wallet Dana (Studi Pada Mahasiswa Di UPN “Veteran” Jawa Timur. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 6970–6980. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Fatoni, S. N., Susilawati, C., Yulianti, L., & Iskandar. (2020). Dampak COVID-19 terhadap perilaku konsumen dalam penggunaan e-wallet di Indonesia. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Gustiana, R., & Agustina, R. (2023). Pengaruh Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Dana Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Stie Nasional Banjarmasin. DINAMIKA EKONOMI Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 72–89.

Harseno, D. F. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan E-Wallet Di Indonesia. ABIS: Accounting and Business Information Systems Journal, 9(4). https://doi.org/10.22146/abis.v9i4.70384

Immanuel, D. M., & Dewi, Y. K. (2020). Mobile Payment Adoption Intention During Pandemic Covid-19 in Indonesia. Journal of Information System and Technology Management, 5(19), 60–76. https://doi.org/10.35631/jistm.519006

Lalu Agustino. (2021). Pengaruh Promosi, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi Pada Pengguna E-Wallet Di Kota Banjarmasin. Kindai, 17(3), 401–422. https://doi.org/10.35972/kindai.v17i3.631

Lestari, Depi, Herianti, & Eva. (2023). Pengaruh Teknologi Informasi, Ketidakpastian Lingkungan dan Kompetensi Manajer Terhadap Kinerja Manajerial Dimediasi Oleh Sistem Akuntansi Manajemen(Studi Empiris pada Bank Perkreditan Rakyat Syariah). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(Mei), 2477–1783.

Munthe, I. rasyid, Nasution, A. P., & Rambe, B. H. (2021). Transaksi Uang dan Dompet Digital Pada Saat Masa Pandemi Virus Corona (Covid-19). Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 12(1), 1–6. https://doi.org/10.51903/jtikp.v12i1.223

Ninggar, A. D., & Anggraini, I. K. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Generasi Z Dalam Konsumsi E-Wallet Saat Pandemi Covid19 (Studi Pada Mahasiswa Aktif Program Sarjana Di Kota Malang). Jurnal Ilmiah Fokus Ekonomi, Manajemen, Bisnis & Akuntansi (EMBA), 1(2), 131–141. https://doi.org/10.34152/emba.v1i2.498

Novianti, W., & Luh, N. (2024). Interest In Using E-Wallets With The Utaut2 Model For Accounting Students In Bali. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 266–278. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Rodiah, S. R., & Melati, I. S. (2020). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kemanfaatan, Risiko, dan Kepercayaan terhadap Minat Menggunakan E-wallet pada Generasi Milenial Kota Semarang. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 1(2), 66. https://doi.org/10.31331/jeee.v1i2.1293

Saragih, Y. W., & Rikumahu, B. (2022). Analisis Faktor Adopsi E-Wallet Gopay, OVO, dan DANA dengan Model UTAUT2 pada Masyarakat Jawa Barat. Nominal Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 11(1), 98–121. https://doi.org/10.21831/nominal.v11i1.43075

Stella, M. (2024). Faktor yang Mempengaruhi Niat Penggunaan Layanan E-Wallet ShopeePay. 13(2), 170–180.

Utama, M. A., Priharsari, D., & Rokhmawati, R. I. (2022). Pengaruh Perceived Usefulness & Kepercayaan terhadap Intensitas Penggunaan Teknologi E-Wallet sebagai Alat Transaksi. Jurnal Pengembangan Teknologi, 6(7), 3362–3371.

Wulandari, P., & Idayanti, R. (2023). Peran Aplikasi Dompet Digital Indonesia (DANA) dalam Memudahkan Masyarakat melakukan Pembayaran Digital. Islamic Banking and Finance, 3(2), 429–441. https://doi.org/10.30863/ibf.v3i2.5438

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Wati, T. A., & Nurhadi. (2025). Peranan Faktor Kebiasaan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Niat untuk Terus Menggunakan Produk Fintech E-Wallet. Jurnal Sinabis, 1(1), 215–225. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/86

Issue

Section

Articles