Harga Produk dan Gaya Hidup: Implikasinya terhadap Minat Beli Produk Fore Coffee di Surabaya

Authors

  • Ananda Rizkiah Syahrani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Lia Nirawati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Harga Produk, Gaya Hidup, Pemasaran, Minat Beli, Fore Coffee

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implikasi antara harga produk fan gaya hidup terhadap minat beli produk Fore Coffee di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif literatur dengan pendekatan kualitatif. Dalam metode ini, peneliti mengumpulkan, menganalisis, dan menyintesis informasi dari berbagai sumber tertulis, seperti artikel jurnal, buku, laporan, dan dokumen lainnya. Subjek penelitian ini adalah masyarakat Surabaya yang sudah pernah melakukan pembelian produk Fore Coffe di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga produk memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen di Fore Coffee Surabaya Penelitian ini menyimpulkan bahwa penetapan harga yang tepat dan didukung strategi pemasaran yang efektif sangat penting dalam menarik perharian konsumen. Konsumen juga mengutamakan pengalaman cenderung mencari produk yang tidak hanya memenuhi kebutuhan fungsional, tetapi juga nilai emosional dan sosial.

References

Aisah, S., & Harto, B. (2024). Analisis Customer Journey dalam Meningkatkan Customer Experience Pelanggan di Fore Coffee Shop yang Berbasis Teknologi. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(3), 971-986.

Amanda, S. (2022). teori gaya hidup. Dipetik Desember 09, 2022, dari Academia.edu: https://www.academia.edu/4297262/teori_gaya_hidup

Andriani dkk. (2021). Penerapan Analisis Swot Terhadap Penentuan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Seblak dan Baso Aci Wak Acan Pekanbaru). Jurnal Pendidikan Tambusai, 2904.

Annissa, L. N. (2021). Pengaruh Green Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi Bagi Konsumen Fore Coffee Serta Tinjauan Dari Sudut Pandang Islam (Studi Kasus Pada Konsumen JABODETABEK) (Doctoral Dissertation, Universitas YARSI).

Bimantara, Y. (2022). Pengaruh Harga, Desain Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Mobil Honda Brio Di Lampung). Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART), 1(2), 27-36.

Gaeni, N. R. A., Azkia, N. I., Normansyah, E. W., Aurora, L. S., Aushafinaz, G., Fauzan, L. A., & Rahmawati, D. H. (2022). Strategi Pemasaran Media Sosial Pada Branding Perusahaan Sandy Collection. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 444-450.

Gozali, Ahmad. "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen." JUBISMA 6, no. 1 (2024): 1-6.

Jahroni, J., Sinambela, E. A., Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2021). Pengaruh Citra Toko, Suasana Toko dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10234-10241.

Leung, F. F., Gu, F. F., Li, Y., Zhang, J. Z., & Palmatier, R. W. (2022). Influencer marketing effectiveness. Journal of Marketing, 1–23 (In Press).

Manalu, D., & Roshinta, J. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Pembelian Starbucks Coffee Di Center Point Medan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 1(2), 173-189.

Maria, V., Aziz, A. F., & Rahmawati, D. (2024). Meningkatkan Daya Saing UMKM Lokal melalui Strategi Pemasaran Digital di Era Digital. OPTIMAL Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 4(2), 208-220.

Putra, R. (2022, Maret 05). 4 Alasan Berani Mengambil Risiko Justru Lebih Baik daripada Tidak Sama Sekali.

Lee, E. J. (2018). The effect of lifestyle on consumer purchase intention: The mediator role of product knowledge and consumer trust. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 4(2), 27.

Setiawan, Z., Zebua, R. S. Y., Suprayitno, D., Hamid, R. S., Islami, V., & Marsyaf, A. (2024). Buku Ajar Perilaku Konsumen. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.Widya, A., Wardhani, M. F., Sedayu, A., & Sartika, M. (2024). Pengaruh Harga, Inovasi Produk, dan Pemasaran Digital Terhadap Kepuasan Konsumen Fore Coffee di Kota Semarang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 14865-14883.

Sunarharum, W. K. (2019). Sains Kopi Indonesia. Malang: UB Press.

Susilo, J. H., & Kholilurrohman, M. (2019). Perilaku gaya hidup generasi muda dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Jurnal Investasi Islam, 4(1), 1-18.

Tania, A. E., Hermawan, H., & Izzuddin, A. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(1), 75-84.

Ryandika, E. P. (2023). Pengaruh Pemasaran Media Sosial, Suasana Toko, Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Pada Konsumen The Hidden Swargi Coffee. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(4), 868-875.

Wulandari, R. I. (2024). Pengaruh Store Atmosphere, Persepsi Harga dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Kedai Kopi Fore di Surabaya (Doctoral dissertation, UPN Veteran Jawa Timur).

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Syahrani, A. R., & Nirawati, L. (2025). Harga Produk dan Gaya Hidup: Implikasinya terhadap Minat Beli Produk Fore Coffee di Surabaya. Jurnal Sinabis, 1(1), 226–232. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/87

Issue

Section

Articles