Pentingnya Kepercayaan Pelanggan dan Kualitas Produk dalam Meningkatkan Niat Pembelian Ulang di E-commerce

Authors

  • Novita Sari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Nurhadi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

kepercayaan pelanggan, kualitas produk, niat pembelian ulang, e-commerce

Abstract

Studi ini menyelidiki bagaimana kualitas produk dan kepercayaan pelanggan sangat penting untuk meningkatkan niat pembelian ulang di e-commerce. Penelitian ini menganalisis literatur yang berbeda tentang kepercayaan pelanggan, kualitas produk, dan niat pembelian ulang. Hasilnya menunjukkan bahwa transparansi informasi, keamanan transaksi, dan pemenuhan janji penjual membentuk kepercayaan pelanggan. Kualitas produk juga memengaruhi niat pembelian ulang; produk yang memenuhi atau melebihi ekspektasi pelanggan cenderung menjadi lebih setia. Penelitian ini menemukan bahwa faktor eksternal seperti program loyalitas dan promosi memiliki dampak jangka pendek, tetapi kepercayaan dan kualitas produk merupakan faktor utama dalam membentuk loyalitas pelanggan jangka panjang. Kombinasi antara kepercayaan dan kualitas produk menghasilkan efek sinergis yang mendorong pembelian ulang dalam jangka panjang.

References

Aningtyas, E., Supriyono. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, dan Ulasan Produk Terhadap Minat Beli Ulang Produk Zoya di Outlet Kediri. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Vol. 22 No. 3, 1592-1597.

Anwar, R., Wardani, F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Scarlett di ECommerce Shopee. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, Vol 8 No 5, 1370-1379.

Nursalim, E., Wiradinata, T. (2016). Analisis Jalur Pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Desain Website Terhadap Minat Beli Ulang, Dengan Ecommerce Sebagai Variabel Intervening. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Volume 1, Nomor 1, 44-52.

Pane, D., Purba, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli di Situs ECommerce Bukalapak. JURNAL ILMIAH KOHESI, Vol. 4 No. 3, 156167.

Permatasari, V., Haziroh, A., Mahmud, Panjaitan, R. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan Pelanggan Produk Scarlett Pada E-Commerce Shopee (Studi Pada Mahasiswa Kampus Swasta Di Kota Semarang). Economics and Digital Business Review, Volume 5(Issue 1), 236 - 247.

Prasetya, R., Beta Asteria, B. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Lazada. Jurnal Tambora, VOL. 7 NO. 1, 235-242.

Rafiah, K. K. (2019). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan dalam Berbelanja melalui E-commerce di Indonesia. Al Tijarah, Vol. 5 No. 1, 46-56.

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Sari, N., & Nurhadi. (2025). Pentingnya Kepercayaan Pelanggan dan Kualitas Produk dalam Meningkatkan Niat Pembelian Ulang di E-commerce. Jurnal Sinabis, 1(1), 240–244. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/88

Issue

Section

Articles