Transformasi Digital sebagai Strategi Inovasi Produk dan Layanan pada UMKM Di Era Industri 4.0
Keywords:
Transformasi Digital, Inovasi Produk, Inovasi Layanan, Strategi Bisnis, UMKMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana transformasi digital dapat diimplementasikan sebagai strategi inovasi produk dan layanan pada UMKM di era Industri 4.0. Hasil penelitian ini adalah pertama, UMKM Mutiara Pangan melakukan pemasaran melalui salah satu platform e-commerce, yaitu Shopee. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan mengoptimalkan pemasaran digital untuk pertumbuhan bisnis jangka panjang. Kedua, UMKM Arunazma melakukan pemasaran di media sosial Instagram dan terbukti dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk di UMKM Arunazma. Ketiga, pengetahuan akuntansi, mobile self-efficacy, dan perceived usefulness berdampak positif terhadap keputusan dan kemampuan UMKM di Sidoarjo dalam menggunakan aplikasi akuntansi berbasis gawai. Keempat, sebagian besar UMKM di Surabaya telah menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran digital dan mengalami kenaikan pendapatan penjualan sebesar 5-10% setiap hari. Kelima, ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara volume transaksi menggunakan GOPAY dan peningkatan transaksi penjualan pada UMKM di Kecamatan Setiabudi. Sedangkan, volume transaksi penggunaan OVO memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap jumlah transaksi penjualan yang terjadi pada UMKM di Kecamatan Setiabudi.
References
Digital UMKM Mutiara Pangan Desa Galengdowo Pelatihan Pemasaran di Shopee Sebagai Solusi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–330.
Astridtia, O., & Nugroho, A. D. (2024). Analisis Penerapan Pembayaran Digital QRIS Dalam Kemudahan UMKM di Kota Surabaya. Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 6(4), 41–50.
Banjarnahor, A. R., Hariningsih, E., Mathory, E. A. S., Fuadi, W. Y., Handiman, M. U. T., Elistia, Rimbano, S. D., Jatiningrum, C., Simarmata, J., Purba, B., Fandeli, H., Muadzah, & N, A. S. (2021). Teknologi Digital Kewirausahaan dan UMKM. Yayasan Kita Menulis.
Baydhia, M., & Haryati, T. (2021). Penggunaan Aplikasi Akuntansi Berbasis Mobile pada UMKM di Sidoarjo. SENAPAN : Seminar Nasional Akuntansi Call for Paper UPN “Veteran” Jatim, 1(1), 70-78.
Desnirita, & Wijaya, C. (2020). Analisis Pengaruh Volume Transaksi Pemakaian Gopay Dan OVOTerhadap Penjualan Pada UMKMDi Kecamatan Setiabudi. Jurnal Manajemen Dan Perbankan, 7(1), 1–17. https://doi.org/10.55963/jumpa.v7i1.332
Ellitan, L. (2020). Bersaing di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Jurnal Maksipreneur Manajemen Koperasi Dan Entrepreneurship, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.30588/jmp.v10i1.657
Evangeulista, G., Agusti, A., Putra, G. P. E., Pramesti, D. T., & Madiistriyatno, H. (2023). Strategi Umkm Dalam Menghadapi Digitalisasi. Oikos-Nomos: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 33–42.
Firdausya, L. Z., & Ompusunggu, D. P. (2023). Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Era Digital Abad 21 Micro, Small and Medium Enterprises (MSME) The Digital Age Of The 21st Century. TALIJAGAD, 1(3), 14– 18.
Khairunisa, A. N., & Misidawati, D. N. (2024). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM di Indonesia. Sahmiyya : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 184–190.
Lailia, V. R., & Dwiridotjahjono, J. (2023). Penerapan Strategi Pemasaran Digital Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Arunazma. Jurnal of Management and Social Sciences, 1(2), 01–10.
Lestari Ginting, M., Samukroni, M. A., Hardin, Payamta, Indahyani, T., Mulyani, S., Nugraha, J., Fatima, S., Muhardi, Nurina, Pratama, Y., Ngga’a, C. Y. W., Trikariastoto, S., Sudirman, A., & Hasanah, N. (2024). Kewirausahaan UMKM di Era Digital. Eureka Media Aksara.
Mahriv, I., Alifatuzzahra, N., & Nurbaiti, N. (2024). Kesiapan Perusahaan di Indonesia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. MENAWAN : Jurnal Riset Dan Publikasi Ilmu Ekonomi, 2(1), 287–294. https://doi.org/10.61132/menawan.v2i1.201
Pangandaheng, F., Maramis, J. B., Saerang, D. P. E., Dotulong, L. O. H., & Soepeno, D. (2022). Transformasi Digital Sebuah Tinjauan Literatur pada Sektor Bisnis dan Pemerintah. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 1106–1115. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.4138
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nabila Arinda Putri, Ety Dwi Susanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


