Pengembangan UMKM di Kelurahan Tlogopatut Melalui Pemasaran Digital

Authors

  • Rizqi Aprilia Dara Puspita Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Rusdi Hidayat Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Pemasaran digital, Kesadaran merek, Niat beli, Media sosial Optimasi mesin pencari (SEO)

Abstract

Artikel ini merupakan hasil pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Tlogopatut Kabupaten Gresik yang berfokus pada upaya peningkatan kesadaran merek dan daya saing UMKM melalui strategi pemasaran digital. Salah satu UMKM yang didampingi adalah BonaSSa Collection, bisnis fashion Muslim yang memiliki potensi besar namun menghadapi tantangan dalam pemasaran digital. Selama empat bulan, program ini mengidentifikasi kebutuhan pemasaran dan merancang strategi digital berbasis media sosial serta optimasi mesin pencari (SEO). Hasilnya menunjukkan bahwa pendekatan pemasaran digital yang tepat dapat meningkatkan keterlibatan konsumen dan daya saing UMKM di pasar lokal.

References

Bharadwaj, A., El Sawy, O. A., Pavlou, P. A., & Venkatraman, N. (2013). Digital business strategy: Toward a next generation of insights. MIS Quarterly, 37(2), 471-482.

Chaffey, D., & Chadwick, F. (2016). Digital marketing: Strategy, implementation, and practice. Pearson Education.

Constantinides, E. (2014). Foundations of social media marketing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 148, 40-57.

Flick, U. (2014). An introduction to qualitative research. SAGE Publications.

Gartner. (2019). Data privacy and security management. Gartner Research.

Homburg, C., Kuester, S., & Krohmer, H. (2017). Marketing management: A contemporary perspective. McGraw-Hill Education.

Hart, C. (2018). Doing a literature review: Releasing the research imagination. SAGE Publications.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59-68.

Matt, C., Hess, T., & Benlian, A. (2015). Digital transformation strategies. Business & Information Systems Engineering, 57(5), 339343.

Malthouse, E. C., Haenlein, M., Skiera, B., & Zeng, M. (2013). Managing customer relationships in the social media era: Introducing the Social CRM House. Journal of Interactive Marketing, 27(4), 270-280.

Petticrew, M., & Roberts, H. (2006). Systematic reviews in the social sciences: A practical guide. Blackwell Publishing.

Ridley, D. (2012). The literature review: A step-by-step guide for students. SAGE Publications.

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Puspita, R. A. D., & Hidayat, R. (2025). Pengembangan UMKM di Kelurahan Tlogopatut Melalui Pemasaran Digital. Jurnal Sinabis, 1(1), 271–278. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/92

Issue

Section

Articles