Strategi Meningkatkan Daya Saing UMKM Melalui Rebranding: Pengalaman Pengabdian di Kelurahan Menur Pumpungan Surabaya

Authors

  • Ananda Leony Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Rusdi Hidayat Nugroho Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

UMKM, Pemasaran Digital, Rebranding

Abstract

Kemudahan yang diperoleh masyarakat dalam berkomunikasi dan menyampaikan informasi merupakan manfaat dari penggunaan teknologi informasi yang secara positif mempengaruhi kehidupan masyarakat menjadi lebih maju. Dalam penerapannya, pelaku bisnis UMKM banyak tantangan yang menyulitkan, seperti keterbatasan keterampilan digital marketing, keterbatasan akses keuangan dan kurangnya kesadaran atas urgensi teknologi digital. Pemanfaatan marketing digital dibutuhkan untuk memastikan bahwa bisnis kecil dan menengah (UMKM) siap untuk menghadapi perubahan dan kemajuan teknologi yang cepat untuk bersaing. Sebagai upaya untuk membantu menyelesaikan tantangan yang ada pada sektor UMKM dilakukan studi pengabdian masyarakat pada Kelurahan Menur Pumpungan, Surabaya guna memberikan pendampingan secara mendalam mencakup pendaftaran NIB, Google maps dan media sosial serta pembuatan logo, digital menu, banner. Metode yang digunakan adalah metode Project based learning yakni UMKM tidak terlibat aktif dalam pengerjaan, namun dapat mempelajari hasilnya melalui demonstrasi dan pelatihan yang dilakukan selama kegiatan pengabdian masyarakat sehingga tetap dapat mendukung pertumbuhan transformasi bisnis UMKM. Output program pengabdian masyarakat ini memiliki tingkat keberhasilan 95% dengan masalah dengan tingkat adopsi teknologi oleh usaha kecil dan menengah (UMKM).

References

Agustin, A., Putra, G. P. E., Pramesti, D. T., & Madiistriyatno, H. (2023). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Digitalisasi. Oikos-Nomos: JURNAL KAJIAN EKONOMI DAN BISNIS, 16, 33.

Agustin, R. (2020). PROJECT BASED LEARNING PjBL. 3(Iii), 8–31.

Noviyanti, A., Josses, A., Lovisa, A., Putra, B. S., Pier, J., Boanerges, J., Harrisen, R., Feby, R., & Ariq, Y. R. (2022). Strategi Rebranding Dalam Peningkatan Kinerja Umkm. 2022, 104–122.

Budiarti, R. P. N., Primasari, N. S., Zuhdi, U., Meutia, N. S., Rokhim, F., Irbah, H. L., & Briliant, A. A. (2023). Implementasi dan Sosialisasi Sistem Informasi Kasir Online untuk UMKM di Kelurahan Banyu Urip Kota Surabaya. Indonesia Berdaya, 5(1), 41–48.

Dewi, M., Hubeis, M., & Riani, E. (2021). Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT MadaniFood, Jakarta). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(1), 77–83. https://doi.org/10.29244/mikm.15.1.77-83

Fahdia, M. R., Kurniawati, I., Amsury, F., Heriyanto, & Saputra, I. (2022). Pelatihan Digital marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi UMKM Tajur Halang Makmur. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 2(1), 34–39. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v2i1.147

Hermawan, E. (2022). Competitive Strategy, Competitive Advantages, dan Marketing Performance pada E-Commerce Shopee Indonesia. Jurnal Kewirausahaan Dan Multi Talenta, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.38035/jkmt.v1i1.7

Lestari, D. F., & Azizah, J. N. (2023). Pengaruh Digital marketing Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce Shopee Di Kota Cilegon. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 6(1). https://doi.org/10.7454/jabt.v6i1.1094

Murniati, E. (2021). Penerapan Metode Project based learning Dalam Pemmbelajaran. Journal of Education, 3(1), 1–18.

Natalia, V., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Rebranding dan Kualitas Layanan terhadap Brand Image GOJEK. Prologia, 4(2), 221. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6481

Nurhadi. (2023). Strategi Pemberdayaan Bisnis Masyarakat Melalui Aktivitas Digitalisasi UMKM Guna Mengoptimalkan Potensi Penjualan (Studi Kasus pada UMKM Gudang Sandal). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 344–352.

Nurhidayati, R. D., & Oktavina, R. (2024). IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PELANGGAN PADA PENGEMBANGAN PRODUK RAK SEPATU UMKM BERKAH RIDHO IBU, KOTA TANGERANG, PROVINSI BANTEN. 2, 353–365.

Nurjaman, K. (2022). Pemberdayaan E-Commerce di Kalangan Pelaku UMKM di Indonesia. Jurnal Abdimas Peradaban, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.54783/ap.v3i1.6

Purwanti, Y., Wisaksono, A., & Aliviameita, A. (2020). Pengabdian Masyarakat Penerapan PHBS di Sekolah. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 24. https://doi.org/10.30651/aks.v4i2.2721

Rafifalah, I., Fitriyani, Y., & Alfianto, A. N. (2023). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha Pada Pelaku Umkm Di Desa Ngablak. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1238–1246. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3220

Rindiyani, Nuzuli, A. K., & Oktaviana, W. (2023). Penggunaan Aplikasi Google maps Sebagai Media Promosi UMKM di Nagari Batang Arah Tapan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 246–250. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i1.155

Said, L. R. (2021). Manajemen Pemasaran Umkm Di Era Digital. In UMKM 5.0; Strategies and Innovation to Digital Business Transformation (Issue September).

Sari, R., Hamidy, F., & Suaidah. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Pehitungan Harga Pokok Produksi pada Konveksi SJM Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(1), 65–73. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

Satriani, D., & Kusuma, V. V. (2020). Perhitungan harga pokok produksi dan harga pokok penjualan terhadap laba penjualan. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(2), 438. https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.p hp/jtin/article/view/645

Sugiyanti, L., Rabbil, M. Z., Oktavia, K. C., & Silvia, M. (2022). Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM SHIBIRU. Jurnal Dinamika Manajemen, 14(1), 111–123. http://jdm.unnes.ac.id

Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42–47. https://doi.org/10.31603/ce.4244

Syah, A., & Sahro, H. (2023). Strategi Pengembangan UMKM melalui Pendekatan Pengabdian Masyarakat: Studi Kasus pada UMKM Laduku di Dusun Tomporejo, Kota Malang. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas” (J-Solid), 6(2), 278. https://doi.org/10.31328/js.v6i2.5041

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Leony, A. ., & Nugroho, R. H. (2025). Strategi Meningkatkan Daya Saing UMKM Melalui Rebranding: Pengalaman Pengabdian di Kelurahan Menur Pumpungan Surabaya. Jurnal Sinabis, 1(1), 279–288. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/94

Issue

Section

Articles