Pemanfaatan E-Commerce dan Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Spray Anti Nyamuk di Pasar Lokal dan Nasional

Authors

  • Ety Dwi Susanti Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Aditya Chandra Winata Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

E-commerce, Digital Marketing, Spray Anti Nyamuk

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan e-commerce dan digital marketing dalam memperkuat strategi pemasaran dan meningkatkan penjualan spray anti nyamuk di pasar lokal dan nasional. Program ini mencakup serangkaian kegiatan pelatihan dan pendampingan bagi pelaku usaha dalam penggunaan platform e-commerce, pengoptimalan media sosial, serta penerapan strategi digital marketing yang efektif. Melalui digitalisasi ini, pelaku usaha dapat menjangkau pasar yang lebih luas, memperkuat brand awareness, serta meningkatkan konversi penjualan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi digital secara tepat mampu meningkatkan visibilitas produk, mempercepat proses transaksi, dan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan penjualan. Dengan demikian, digitalisasi pemasaran melalui e-commerce dan digital marketing terbukti sebagai solusi efektif dalam mengatasi tantangan persaingan di era ekonomi digital.

References

Agustina, A., dan Jamilah, M. (2021). Kajian Kualitas Minyak Serai Wangi (Cymbopogon Winterianus Jowitt) Pada Cv AB dan PT. XYZ Jawa Barat. Agro Bali: Agricultural Journal, 4(1), 63-71.

Aysa, I. R. (2020). Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era Digital. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 2(2), 121-138.

Dipahayu, D., & Annurijati, S. (2022). Penyuluhan Formulasi Spray Anti Nyamuk dari Infusa Limbah Daun Serai (Cymbopogon nardus) dan Kulit Buah Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia). Jurnal Abdi Masyarakat Kita, 2(2), 152-160.

Kesetyaningsih, T. W., Makiyah, S. N. N. dan Prastiani, L. (2023). Pengenalan dan Pelatihan Budidaya Tanaman Anti Nyamuk. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4), 3822- 3830.

Kuncoro, B., dan Hasibuan, M. Y. (2020). Formulasi Sediaan Spray Daun dan Batang Serai Wangi (Cymbopogon Nardus L) Sebagai Antinyamuk Culex Sp. Jurnal Farmagazine, 7(1), 45-50.

Malihah, N., & Achiria, S. (2019). Peran ekonomi kreatif dalam pemberdayaan industri kerajinan bambu. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 4(1), 6978.

Melviani, M., Nugraha, D. F., Novianty, N., dan Noval, N. (2023). Pelatihan Pembuatan Spray Tanaman Serai untuk Mencegah DBD dalam Meningkatkan Kesehatan dan Ekonomi Keluarga. Indonesia Berdaya, 4(3), 823-830.

Pahlevi, A. S. (2017). Gagasan Tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional (Studi pada Potensi, Peluang dan Tantangan Ekonomi Kreatif di Kota Malang). Seminar Nasional Seni dan Desain, 185-188.

Permatasri, Y., dan Afida, I. (2023). Sosialisasi dan Pelatihan Dasar Pengolahan Ekstrak Tanaman “serai” menjadi Ramuan Pengusir Nyamuk. Al-Ijtima: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 80-95.

Downloads

Published

2025-02-01

How to Cite

Susanti, E. D., & Winata, A. C. (2025). Pemanfaatan E-Commerce dan Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Spray Anti Nyamuk di Pasar Lokal dan Nasional. Jurnal Sinabis, 1(1), 289–295. Retrieved from https://jsinabis.upnjatim.ac.id/index.php/jsinabis/article/view/96

Issue

Section

Articles