Optimalisasi Peran Trade Expo Indonesia 2023 dalam Digitalisasi Bisnis melalui Pemberdayaan Ekonomi Lokal
Keywords:
Digitalisasi Bisnis, Ekonomi Nasional, Trade Expo IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi TEI 2023 terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, serta mengidentifikasi dampak digitalisasi terhadap sektor-sektor ekonomi utama, termasuk industri manufaktur, pariwisata, dan pertanian. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengkaji bagaimana TEI 2023 dapat menjadi sarana pengabdian masyarakat melalui pemberdayaan pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) lokal dengan memfasilitasi akses mereka ke teknologi digital dan pasar internasional. Metode penelitian yang digunakan melibatkan analisis data ekonomi makro, survei terkait produk unggulan, serta observasi terhadap implementasi digitalisasi bisnis selama acara. Subjek penelitian meliputi pelaku usaha yang terlibat langsung dalam TEI, baik sebagai peserta pameran maupun pembeli internasional. Analisis menunjukkan bahwa TEI 2023 berhasil meningkatkan volume perdagangan dan investasi melalui digitalisasi proses bisnis, dengan hasil signifikan pada peningkatan ekspor produk unggulan yang menggunakan platform digital untuk akses pasar global. Selain itu, dampak positif dirasakan oleh sektor-sektor ekonomi yang terlibat, terutama UMKM lokal, melalui peningkatan kapasitas pemasaran digital dan penetrasi pasar internasional. Inovasi produk serta penggunaan teknologi digital menjadi daya tarik utama dalam meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar global. Penelitian ini menekankan pentingnya digitalisasi dalam memperkuat peran TEI sebagai katalisator pengembangan ekonomi, sekaligus memperkuat posisi Indonesia dalam perdagangan internasional. Temuan ini memberikan panduan bagi perumusan kebijakan dan strategi pengembangan di masa mendatang untuk me-maksimalkan manfaat dari digitalisasi bisnis, pengabdian masyarakat, dan partisipasi Indonesia dalam pameran perdagangan global.
References
Adminlina. (2023). TEI 2023 Catat Transaksi Melambung. Pelaku Bisnis Info Bisnis Tersaji Tuntas.com.
Buswari, M., Puspaningtyas, M., Pryanto, E., Sugiarto, M., D., Ulfa, N., & Larasati, V. (2024). Dampak Sosial dan Ekonomi dari Pengangguran, Kemiskinan, dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia: Sebuah Studi Empiris dengan Pendekatan Regresi. SINAR, 1(2) https://sinar.indocakti.ac.id/index.php/sina r1/article/view/6
Farid, M., & Abbas, R.(2023). TEI 2023 Efektif Dorong Diversifikasi Produk dan Ekspansi Pasar Nontradisional. Jurnal Trade Expo Indonesia.
Fari, K., N., Murod, M., & Usni, U. (2020). PERAN INDONESIA TRADE PROMOTION CENTRE DALAM MENINGKATKAN PERDAGANGAN INDONESIA DI LUAR NEGERI TAHUN (2017). Independen Jurnal Politik Indonesia dan Global. 1(1). 5463.
Farza, T., C., N., Monica, D., & Irmawan, S.(2022) Pemanfaatan Teknologi : Strategi Promosi Potensi Desa Melalui Blog Desa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Eka Prasetya. 1(1).
Kementrian Perdagangan Republik Indonesia. (2023). Sosialisasi Trade Expo Indonesia(TEI) 2023 ke-38 di Surabaya. https://www.kemendag.go.id/berita/foto/ sosialisasi-trade- expo-indonesia-tei-2023-ke-38-di-surabaya
Krisnawati, M. (2023). Capaian Transaksi TEI 2023 Tembus 472 Triliun. Radio Republik Indonesia.
Maulinawati Y., R., & Moenardy D., F.(2024) Analisis Perjanjian Kerjasama Perdagangan Indonesia-Malaysia Di Trade Expo Tahun 2022. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING). 7(4) 10654-10664.
Prasetya, H., dan Nurul Azizah. (2022). APAKAH PERSEPSI KONSUMEN MENGENAI RISIKO DAN KEPERCAYAAN BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN?. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 5(2), 2113.
Novianty, S, A., dan Azizah, N.(2024). Strategi KBRI Kuala Lumpur dalam Meningkatkan Total Perdagangan Bilateral Indonesia-Malaysia Tahun 2021-2022. Ganaya : Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 7(1), 122–134. DOI: 10.37329/ganaya.v7i1.3041.
Putri, N., Gunawan, I., Wahyuni, I., & Suhairi, S. (2022). Analisis Faktor Faktor Pertumbuhan Ekonomi. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(2).
Qasim, U., N. 2017. Kerjasama Perdagangan dan Investasi antara Indonesia dan Hongaria saat Krisis Eropa Tahun 2008-2016. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Rachmawati, Dwi. (2023). Calon Pembeli Trade Expo Indonesia 2023 Tembus 5.600 Orang, India Terbanyak.
Rahmawati, Ita, Dkk. (2024). Peningkatan Pendapatan Keluarga Melalui Pelatihan Wirausaha Produk Olahan Makanan. EKONOMI: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT. 5(1)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dini Dwi Saputri, Jojok Dwiridotjahjono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


